Mencegah pengunjung batal akibat loading blog berat

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 29.4.12

Ini adalah salah satu bagian optimasi blog untuk menaikkan visitor. Teman-teman blogger mungkin jarang menyadari bahwa setiap hari banyak sekali pengguna internet kita membatalkan kunjungannya ke blog kita. Bahkan sangat mungkin kita kehilangan 50% visitor dalam setiap harinya.

Salah satu penyebab yang paling utama adalah dikarenakan loading blog kita berat, sehingga mereka tidak sabar dan akhirnya membatalkan kunjungan ke blog kita dengan meng-klik tanda "X" di sudut kanan atas.

Hal-hal seperti ini terkadang kita abaikan bahkan kita anggap sepele, namun sebenarnya kecepatan loading blog sangat berpengaruh terhadap penghasilan yang didapat dari blog. Mungkin kita melihat laporan di statistic blog tercatat banyak sekali visitor setiap harinya, namun sebagian dari mereka tidak membaca sama sekali artikel blog kita. Sehingga pendapatan dari blog yang kita targetkan tidak bisa tercapai atau lambat sekali.

Akhirnya kita hanya mendapatkan laporan trafik blog yang tinggi, tapi target visitor kita yang sesungguhnya tidak pernah tercapai. Hal ini sangat berdampak negatif bagi para perusahaan berbasis web, pelaku bisnis online, publisher google adsense, dan sebagainya.

Penyebab paling utama loading blog berat adalah tentang template blog. Template yang memiliki ukuran atau size terlalu tinggi akan menyebabkan loading blog berat, bahkan tidak berhasil dibuka oleh pengguna hingga tenggang waktu loading habis. Kemudian mereka langsung klik tanda "X", dan ini paling sering terjadi.

Perlu kita ketahui bahwa koneksi internet dengan speed yang tinggi pasti setiap harinya akan mengalami lemot juga, apalagi koneksi internet dengan speed rendah. Komputer yang memiliki processor dengan RAM tinggi terkadang juga lambat, karena berbagai kendala yang sewaktu-waktu timbul.

Oleh karena itu kita harus benar-benar seksama dalam menentukan template blog yang hendak kita pakai. Salah satu ciri utama template yang ringan di loading adalah kapasitas ukuran atau size template yang rendah, atau yang tidak terlalu tinggi. Bisa saja kita meng-kompres template yang berat agar menjadi ringan, namun itu tidak terlalu berbeda jauh dengan loading aslinya yang berat.

Atau kita juga bisa menginstal PageSpeed di browser yang kita pakai agar loading blog ringan, namun para pengguna internet tentunya memakai browser yang berbeda-beda, sehingga mereka tetap saja banyak yang kabur karena loading blog kita berat.

Oleh karena itu jika kita hendak membangun sebuah website besar dengan opsi atau kategory yang banyak, hendaklah kita memilih template yang ringan dan selanjutnya kita bisa menambah fitur template secara manual seperlunya saja.

Kita membangun sebuah blog atau website dengan tujuan untuk disediakan bagi para pembaca, visitor atau pengguna internet agar mereka bisa membaca atau menikmati blog kita dengan senang, maka kita juga harus membantu mereka semaksimal mungkin.

Dengan template yang ringan di loading, mereka akan mudah membuka halaman-halaman lain sehingga akan betah berada di blog kita. Dan lebih penting lagi adalah tidak akan terjadi visitor yang batal karena mereka terlalu lama menunggu loading blog yang berat.

Dengan demikian trafik kunjungan yang tercatat di statistik blog adalah visitor yang benar-benar hadir seperti yang kita harapkan sehingga penghasilan blog kita akan terus meningkat. Semoga tulisan ini bermanfaat.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...