Manfaat Kacang Bagi Kesehatan

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 30.4.12

Pernahkan anda makan kacang dan kemudian tumbuh jerawat sebesar kacang? Itulah anggapan orang secara umum bahwa makan kacang bisa menimbulkan jerawat. Sebenarnya kacang lebih banyak memberikan manfaat positif bagi kesehatan manusia walaupun kacang lebih sering di tuduh memberikan efek negatif pada wajah.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Joan Sabate Ph.D, ketua nutrisi di Loma Linda University, ternyata kacang memilki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang terbaik bagi kesehatan dengan kandungan gizi dalam setiap 1 ons,

1. Almond, kandungan 160 kalori dan 14 gram lemak.
Kacang ini memiliki hampir sembilan kali lipat lebih kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat lebih banyak daripada kandungan lemak jenuh berbahaya. Dengan kandungan protein yang cukup, serat, kalsium, besi dan non kolesterol, menjadikan kacang ini sebagai salah satu sumber vitamin E terbaik yang mampu melindungi tubuh dari risiko serangan stroke dan kanker.

2. Kenari, kandungan 190 kalori dan 18 gram lemak.
Buah kenari adalah kacang paling unik karena kaya kandungan omega 3 yang membuat jantung sangat sehat. Kandungan lain, kenari sangat kaya akan lemak tak jenuh ganda yang mampu melindungi tubuh dari resiko terkena diabetes tipe 2.

3. Pistachio, kandungan 160 kalori dan 13 gram lemak.
Hasil penelitian terbaru dari peneliti di Virginia Polytechnic Institute dan State University, kacang ini mempunyai tingkat tertinggi LDL penurun sterol. Pistachio merupakan sumber kalium dan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang hampir sama dengan kacang almond.

4. Kacang Tanah, kandungan 170 kalori dan 14 gram lemak.
Ini yang paling sering dituduh penyebab jerawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kacang ini merupakan pilihan yang baik untuk melindungi tingkat kolesterol. Kacang tanah memberikan protein 7 gram lebih banyak jika dibandingkan jenis kacang lain dalam setiap 1 ons.

5. Hazelnut, kandungan 180 kalori dan 17 gram lemak.
Kacang ini terbungkus kandungan folat, yaitu vitamin yang bisa melindungi tubuh terhadap cacat lahir dan kemungkinan timbulnya kanker dan juga penyakit kanker.

6. Pecan, kandungan 200 kalori dan 20 gram lemak.
Kacang ini sangat baik untuk mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh. Pecan juga memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi daripada kandungan lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu anggapan bahwa kacang hanya bisa menimbulkan jerawat hendaklah kita imbangi dengan manfaat baik yang diberikan oleh kacang. Kalau waktunya jerawatan biarpun tidak makan kacang tetap saja jerawatan :).
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...