Misteri Kawah Gunung Merapi

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 25.4.12

Kawah Merapi. Kawah merapi adalah kawah dari gunung merapi, salah satu gunung paling aktif di Indonesia selain gunung semeru. Kawah merapi merupakan sebuah pintu utama untuk memuntahkan lahar panas yang sangat dahsyat dari dalam perut gunung merapi. Kawah ini telah memuntahkan lahar panas sebanyak 68 kali sejak tahun 1548 dan menewaskan ribuan jiwa bahkan tak bisa dihitung jumlahnya.

Gunung merapi memiliki umur 400.000 tahun dan terletak di pulau Jawa dengan koordinat 7°32′S, 110°26′E, tepatnya di perbatasan antara propinsi Jawa tengah dan daerah istimewa Yogjakarta, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2968 meter diatas permukaan laut dengan geologi jenis stratovolcano dan meletus terakhir kali pada tahun 2006.

Tahukah anda? Gunung merapi telah menewaskan ribuan manusia bukan karena lahar panas, melainkan oleh awan panas yang biasa disebut "wedus gembel".


Wedus gembel yang dalam bahasa Jawa berarti domba atau kambing yang berbulu tebal, adalah merupakan julukan bagi awan panas yang banyak menewaskan warga lereng merapi. Awan panas adalah bagian fragmen batuan dalam berbagai ukuran, termasuk yang seukuran debu, dan kedua, gumpalan gas bersuhu  200-700 derajat celsius.

Kedua unsur ini bercampur mengalir secara turbulen dengan kecepatan lebih dari 80-200 kilometer per jam yang turun dari atas gunung. Awan panas yang terbang dengan kecepatan tinggi ini membawa abu vulkanik dan tersebar sesuai arah angin yang kemudian terendap ditanah sehingga menciptakan kesuburan tanah.

Tempat Angker. Konon menurut kepercayaan warga sekitar, di kawah gunung ini bercokol istana makhluk halus yang merupakan pusat pemerintahan makhluk halus penguasa gunung merapi. Dilembah merapi dipercaya terdapat pasar setan yang merupakan pusat perekonomian makhluk halus penunggu gunung merapi. Keangkeran gunung ini telah terkenal di seluruh pulau Jawa, dimana banyak diceritakan bahwa telah banyak para pendaki gunung yang kesurupan, tersesat dan bahkan hilang tak ditemukan lagi.

Penyebab mereka hilang adalah tidak mengikuti peringatan warga atau mengabaikan pesan-pesan yang telah disampaikan oleh tokoh-tokoh atau juru kunci gunung merapi sebelum mereka melakukan pendakian. Namun banyak juga para pendaki yang selamat karena mereka mengikuti saran dan panduan yang telah diberikan oleh penduduk setempat.

Gunung merapi yang angker telah menarik perhatian para pendaki gunung dan juga para spiritualis untuk mengungkap apa sebenarnya yang terjadi di balik keangkeran gunung merapi yang penuh misteri tersebut. Gunung ini menjadi topik utama dalam film yang berjudul "Misteri Gunung Merapi" yang ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar.

Selain fenomena-fenomena gaib yang timbul akibat keanehan gunung merapi, gunung ini telah menimbulkan banyak korban jiwa sejak ribuan tahun yang lalu. Namun bagaimanapun ganasnya gunung merapi yang sangat mengerikan, gunung ini telah memberikan kemakmuran bagi warga sekitarnya oleh kesuburan tanah yang diciptakan oleh abu vulkanik miliknya. Gunung merapi telah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dia sangat tunduk dan patuh kepada perintah Allah subhannahu wa ta'ala, karena Dialah yang maha perkasa dan maha berkuasa atas segalanya. Gunung merapi bersujud dan bertasbih kepada Allah SWT.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...