Cara Menghindari dan Mengatasi Banned Adsense

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 23.9.12

Google Adsense adalah aplikasi periklanan yang membayar paling tinggi saat ini. Tidak sedikit orang yang sukses dengan google adsense dan mampu merubah hidup mereka. Mereka yang berhasil sukses adalah orang-orang yang beruntung. Biasanya mereka adalah publisher yang mematuhi kebijakan program google adsense dan selama itu akunnya tidak pernah diganggu orang lain.

Sedangkan yang tidak sukses bisa berakhir dengan frustasi. Namun bagi blogger yang berpemikiran cerdas malah akan bangkit semangat untuk membangun website besar yang mandiri. Karena yang menyebabkan seseorang bisa sukses di internet sebenarnya bukanlah google adsensenya, melainkan kerja keras dan sifat pantang menyerah yang dimiliki oleh orang tersebut.

Dan biasanya orang yang bisa memenangkan kesuksesan tahap atas adalah orang-orang yang sering terjatuh dalam kegagalan namun pantang menyerah. Dengan kegagalan tersebut maka akhirnya mereka menjadi cerdas, sehingga kegagalan yang dialaminya berubah menjadi jembatan menuju sukses.

Sebuah blog bahasa Inggris dengan trafik 30 ribu visitor unik perhari rata-rata mampu meraup dollar $7.000 perbulan dari adsense. Jika di-kurs-kan dengan rupiah dalam perbandingan 1:10.000, maka akan berjumlah 70 juta rupiah perbulan. Jika anda bisa membangun blog dengan trafik 16 juta visitor unik perbulan seperti Jack Herrick dengan websitenya yang berjudul WikiHow, tidak menutup kemungkinan anda bisa meraup sekitar 140 milyar rupiah perbulan dari adsense. Namun untuk mencapai prestasi seperti itu perlu perjuangan dan pengorbanan yang memakan waktu tidak sebentar, serta butuh kesabaran.

Jika anda hanya bisa membangun blog dengan bahasa Indonesia saja, mungkin anda hanya bisa memperoleh earning pada kisaran 1-25 juta rupiah saja perbulan, karena harga klik untuk periklanan di Indonesia sangat rendah. Namun jika anda bisa membuat website seperti detik.com, maka anda bisa meraup dollar sebesar $ 871,348 perbulan (+/- 9 milyar rupiah), karena detik.com memiliki penghasilan sekitar $ 2,277 per hari dari iklan, termasuk google adsense menurut data hasil saya browsing di internet.

Mental wajib bagi Publisher Adsense

Publisher adsense harus siap dan rela akun adsensenya dibanned oleh google sewaktu-waktu. Dan sekali banned terkirim, anda jangan pernah mengharap akun anda diaktifkan lagi kecuali jika anda didatangi oleh Dewi Fortuna. Akan tetapi bukan berarti setiap banned yang menimpa publisher tidak bisa diampuni oleh google. Ada juga beberapa publisher yang akun adsense-nya diaktifkan lagi oleh google setelah sebelumnya dibanned, walaupun hal seperti ini sangat jarang terjadi.

Jika ingin akun anda berumur lebih panjang maka anda harus mentaati kebijakan program google adsense dan menyembunyikan website anda dari orang-orang jahil, yaitu website anda harus dipasangi robots.txt agar yang bisa baca hanya anda sendiri sama pacar anda :). Orang-orang jahil ini adalah orang yang suka mengganggu akun orang lain. Hal ini wajar, karena internet tidak berbeda dengan dunia nyata. Ada orang baik dan ada juga penjahat yang tersebar di internet yang sewaktu-waktu mengganggu website anda, bahkan tidak sedikit para penipu dunia maya serta perampok yang suka membobol akun orang.

Semua bisnis, baik bisnis di dunia nyata maupun bisnis online di internet pasti akan mengalami diganggu orang. Semakin terkenal bisnis anda maka akan semakin banyak pula para penjahat profesional yang mengganggu bisnis anda. Jika website anda tidak ingin diganggu orang janganlah membuat website yang terkenal biar pengunjungnya hanya anda sendiri. Penyebab mereka mengganggu bisnis anda ada seribu macam, anda bisa memikirkannya sendiri.

Untuk menjahili seorang publisher adsense agar akunnya dibanned bukanlah hal yang sulit walaupun publisher tersebut benar-benar telah mentaati kebijakan program. Setelah itu akun adsense anda akan terbanned secara otomatis oleh robot adsense yang menegakkan kebijakan program dengan tegas tanpa bisa ditawar. Dan anda jangan mengharap akun anda diaktifkan lagi jika anda tidak segera mengambil langkah cepat dengan melakukan perombakan besar-besaran dari kemungkinan pelanggaran lain pada website anda sebelum anda mengajukan permohonan banding atas sangsi tersebut.

Ini adalah resiko terberat bagi para publisher adsense yang begitu mudahnya dihapus sandang pangannya oleh orang lain dengan hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari 24 jam. Dimana publisher tersebut telah membangun konten dengan susah payah membanting tulang memeras keringat dan benar-benar telah mentaati kebijakan program google adsense. Publisher harus rela menerima tuduhan clicks fraud oleh perbuatan seseorang yang jahil dengan cara yang sangat mudah.

Berikut pernyataan google tentang nasib akun yang dibanned

Kami memahami kekecewaan Anda tentang tindakan yang dilakukan terhadap akun Anda. Tindakan tersebut diambil setelah tim pakar khusus kami melakukan pemeriksaan cermat dengan mempertimbangkan kepentingan pengiklan, penayang, dan pengguna. Meskipun Anda mungkin kecewa terhadap keputusan tersebut, kami tidak dapat mengaktifkan kembali akun Anda.

Harap perhatikan juga bahwa penayang yang dinonaktifkan karena kegiatan klik tidak sah tidak dibolehkan berpartisipasi lebih lanjut di AdSense. Karena itu, penayang ini tidak boleh membuka akun baru.

Terakhir, Google berhak menonaktifkan akun dengan alasan apa pun, termasuk kegiatan klik tidak sah dari sumber mana pun.


Yang perlu anda perhatikan adalah paragraf paling bawah yang berbunyi, "Google berhak menonaktifkan akun dengan alasan apa pun". Ini adalah kebijakan tunggal yang dimiliki google dalam melindungi pengiklan yang harus bisa diterima oleh semua publisher sebelum anda menjadi publisher adsense.

Hal ini dikarenakan google benar-benar menjaga kepercayaan dari pengiklan adword, dan google adalah sebagai pengelola paling berwenang serta penanggung jawab paling utama terhadap segala tuntutan.  Baik tuntutan dari adword yang telah menghabiskan banyak uang maupun untuk mengantisipasi tindakan hukum yang sewaktu-waktu menimpa program google adsense.

Seperti kasus beberapa tahun lalu yang dialami google, dimana google membayar denda kepada pemerintah AS sebagai denda terbesar di dunia sepanjang sejarah yang pernah dibayar. Initerjadi karena google memasang iklan dengan melanggar kebijakan pemerintah AS.

Hal-hal seperti ini harus benar-benar dipahami dan dimengerti oleh setiap publisher oleh bahwa akun anda bisa dinonaktifkan sewaktu-waktu oleh google dengan alasan apapun.

Oleh karena itu jika akun anda dinonaktifkan oleh google dengan alasan apapun anda jangan marah, jangan kecewa dan jangan frustasi. Dan anda jangan berprasangka buruk kepada siapapun bahwa akun anda telah diganggu seseorang, namun anda harus instropeksi diri kesalahan apa yang terjadi pada diri anda sehingga anda mengalami masalah ini.

Namun jika ternyata akun anda memang telah diganggu seseorang, anda juga harus sadar dan memahami bahwa itu adalah resiko yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Biarkanlah orang yang menjahili bisnis anda akan bertanggung jawab langsung kepada Allah, karena Allah tidak akan tinggal diam. Mereka hanya menunggu waktu untuk menerima hukuman dari yang maha kuasa atas perbuatannya.

Namun anda jangan ikutan mengganggu bisnis orang lain ketika bisnis anda dihancurkan oleh orang lain. Itu sama dengan ikutan menabung celaka pada diri sendiri. Jadi kita harus ikhlas bahwa hal itu adalah jatah kita yang harus kita terima saat ini untuk menyambut rejeki berikutnya. Dan janganlah frustasi hanya karena akun adsense anda dibanned, kita harus bisa menjadi manusia yang berjiwa besar. Anda harus sadar bahwa kesuksesan anda terletak pada kerja keras anda sendiri, bukan terletak ditangan google.

Kasus-kasus Banned

Kasus-kasus banned google adsense telah menimpa siapapun tanpa pandang bulu jika robot adsense menemukan adanya issue pelanggaran kebijakan program.

Tahukah anda apa itu Flixya?
Semua blogger pasti tahu. Flixya adalah sebuah website jejaring sosial besar yang pernah dipercaya oleh google untuk digunakan sebagai pihak ketiga dalam mendaftar ke program google adsense bagi siapapun yang ingin menjadi publisher adsense. Banyak sekali publisher adsense yang mendaftar melalui situs ini dan berhasil diterima.

Namun bagaimana sekarang nasib flixya? Akun adsense milik bos flixya mungkin saja masih aktif, namun situs flixya sekarang telah dibanned oleh google adsense karena ditemukan melanggar kebijakan program. Website sebesar itu ternyata bisa dibanned.

Mungkin hal inilah yang berdampak munculnya banned masal kepada ribuan publisher yang mendaftar melalui flixya. Karena URL yang mereka daftarkan adalah URL milik flixya yang akhirnya ditandai sebagai website terlarang untuk menampilkan iklan google. Semua url yang terkait dengan flixya mungkin otomatis disabled.

Bagi publisher yang pernah dibanned janganlah anda bersusah hati, karena pemilik flixya mungkin lebih susah daripada anda sebab telah kehilangan jutaan dollar setiap bulannya dimana situs yang telah menjadi sumber penghasilan utamanya telah dibanned oleh google adsense.

Tahukah anda apa itu Indyarocks?
Tidak berbeda dengan flixya. Indyarocks adalah website jejaring sosial besar yang berbasis di India dan sering digunakan oleh calon publisher dari 5 negara di dunia untuk mendaftar google adsense melalui pihak ketiga. Hasilnya, banyak para blogger yang diterima dengan sangat mudah untuk menjadi publisher adsense melalui jasa situs ini.

Namun sekarang Indyarocks sudah tidak bisa lagi untuk digunakan sebagai pihak ketiga dalam mendaftar ke program google adsense walaupun saat ini situs Indyarocks belum dibanned oleh google. Hal ini terjadi karena ada hal-hal yang memungkinkan resiko pelanggaran kebijakan program google adsense dalam jaringan akun Indyarocks.

Kenapa google benar-benar serius dalam menangani invalid klik?

Karena google melindungi kepentingan pengiklan google adwords. Jika google tidak mentaati kebijakan program yang telah dibuat oleh team pakar mereka, maka google akan gulung tikar dalam waktu singkat. Karena google tidak akan dipercaya lagi oleh para advertiser sebagai pengelola periklanan yang aman jika google tidak mematuhi kebijakan program yang dibuatnya sendiri. Dan kebijakan itu dianggap sebagai kebijakan program yang terbaik menurut google saat ini.

Solusi Mendaftar AdSense

Setelah google menutup beberapa pihak ketiga yang biasanya digunakan oleh pengguna untuk mendaftar google adsense, google tidak hanya diam begitu saja. Google tetap konsisten membantu para calon publisher yang ingin berpartisipasi ke dalam program adsense dengan menyediakan dua unit aplikasi blog gratis yang bisa digunakan untuk mendaftar adsense dengan mudah. Yaitu menggunakan Blogger dan Sites.google.com.

Blogger.
Saat ini blogger telah terintegrasi sepenuhnya dengan adsense sehingga blogger begitu mudahnya digunakan untuk mendaftar adsense walaupun umur blog masih baru beberapa hari. Selain itu google semakin melengkapi fitur blogger dan menawarkan akun adsense kepada siapapun yang baru saja membuat blog dengan blogger melaui setiap tab yang ada di dasbor blogger.

Lebih mantap lagi sekarang blogger juga menawarkan kepada para penggunanya untuk memonetize blognya dengan produk barunya, yaitu Google Affiliation Network atau Iklan Afiliasi Google. Tapi sayangnya fitur ini masih tersedia bagi warga negara AS dan Inggris saja. Tapi paling tidak ini merupakan masa depan cerah bagi semua pengguna blogger warga Indonesia nantinya.

Sites.google.com.
Sekarang google menambahkan aplikasi blog gratis ini untuk digunakan mendaftar adsense yang sebelumnya hanya menyediakan blogger saja. Sites.google.com adalah website gratis dengan desain wiki yang diberdayakan oleh google bagi para pengguna untuk mendaftar adsense.

Yang lebih hebat lagi, ketika anda membuat blog baru di sites.google.com maka anda akan langsung mendapatkan PR8 saat itu juga dan artikel anda akan langsung muncul di halaman pertama search engine. Ini luar biasa. Hanya saja cara mengelola website ini lebih rumit dan setelannya masih tersedia dalam opsi bahasa Inggris saja. Saya sendiri belum menjajaki lebih jauh tentang situs ini, namun telah mencoba update posting pertama. Anda bisa mendaftar adsense dengan mudah melalui situs ini.

Wordpress.
Solusi lain mendaftar adsense adalah menggunakan domain tingkat atas seperti wordpress. Wordpress adalah aplikasi pihak luar yang tidak ada hubungannya dengan google, jadi pendaftaran dengan wordpress tidak semudah menggunakan aplikasi milik google serta membutuhkan umur blog yang cukup.

Namun wordpress memiliki kekuatan dahsyat dalam mendatangkan trafik jika dibandingkan blog gratis untuk ukuran blog setara. Sekali halamannya menempati posisi atas di SERP, tidak akan ada blog gratis yang sanggup mengusirnya. Wordpress mampu menghapus judul halaman atau judul blog milik blog gratis yang berani menyamainya di halaman pencarian.

Wordpress paling efektif untuk mengeruk dollar dari adsense, dan semua publisher adsense yang mencapai kesuksesan tingkat atas didominasi oleh blog wordpress.

Cara menghindari Banned Adsense

Tips anti banned yang benar-benar menjamin sebenarnya tidak ada. Tidak ada satupun cara yang menjamin akun adsense anda aman dari banned. Namun ada beberapa cara yang bisa mengurangi resiko akun adsense anda terkena banned dari google. Bagi blog yang berperan khusus menayangkan iklan adsense, ada 3 tips paling utama;.

1. Jangan melanggar kebijakan program google adsense.
Hal ini tentunya kita sudah tahu semua dan kebijakan program itu sangat luas, anda bisa membaca sendiri kebijakan program adsense di Adsense Bantuan..

Yang perlu diingat adalah usahakan semua website anda tetap dalam keadaan seperti ketika mendaftar adsense dulu. Perubahan pada website memungkinkan pelanggaran kebijakan program jika anda tidak meninjau kebijakan program sebelum melakukan perubahan. Jika website anda senantiasa mematuhi kebijakan program, maka anda tidak akan takut menghubungi google adsense sewaktu-waktu.

2. Trafik blog anda harus murni dari search engine.
Trafik perlu kita waspadai, karena secara alami semua publisher ingin memiliki trafik tinggi setelah diterima oleh google adsense, sehingga biasanya segala macam metode seo dilakukan. Ingatlah bahwa google selalu mengawasi segala tindakan yang dianggap manipulasi seo.

Bagi para pengguna wordpress hati-hati jika anda menggunakan plugin seo, biasanya plugin tersebut melanggar panduan webmaster google. Karena terkadang ada plugin seo yang menyediakan judul duplikat untuk membantu judul halaman aslinya. Jadi di search engine anda memiliki dua judul halaman namun hanya ada satu artikel saja. Ini termasuk tindakan manipulasi seo yang tidak disukai google karena akan mematikan website yang jujur.

3. Rahasiakan website anda.
Jangan ceritakan website anda yang ada iklan adsensenya kepada siapapun, walaupun itu teman anda sendiri atau saudara anda. Bisa saja mereka mengunjungi blog anda dengan memakai perangkat yang terkait dengan akun anda, misalnya komputer, IP adress yang sama lalu meng-klik iklan baik sengaja atau tidak sengaja yang bisa berakibat melanggar kebijakan program.

4. Jangan menebar link di facebook.
Ini bisa berakibat akun adsense anda dibanned dalam waktu singkat. Trafik dari facebook beresiko besar menimbulkan dugaan mendorong klik (encourage clicks), yaitu dengan sengaja atau tidak sengaja menyuruh teman anda atau siapapun untuk klik iklan di blog anda. Kecuali jika yang membagikan blog anda ke facebook adalah pengguna, bukan anda sendiri.

Harap diperhatikan bahwa jika anda menghubungi google adsense dalam urusan banned, sumber trafik dan sumber artikel pasti akan ditanyakan.

Cara mengatasi Banned Adsense

Jika akun adsense anda terlanjur dibanned, maka harapan terakhir adalah mengajukan permohonan banding ke google. Google memberikan sangsi tegas kepada publisher yang diduga melanggar kebijakan program, kita juga harus mengatakan dengan tegas kepada google bahwa kita tidak melanggar kebijakan program.

Caranya?
Pertama kali anda harus mengambil langkah cepat sebelum 3 hari sejak akun anda dibanned. Anda harus melakukan perombakan secara besar-besaran dan menyeluruh di jaringan akun anda. Pastikan semua website anda tidak ada yang melanggar kebijakan program. Jangan segan-segan menghapus ratusan atau ribuan artikel yang sekiranya melanggar kebijakan program jika anda ingin akun adsense anda kembali bernafas.

Kedua, setelah selesai segeralah anda mengajukan permohonan banding melalui pranala di email yang dikirimkan kepada anda dan tulislah permasalahan anda sejelas-jelasnya dengan baik dan sopan. Pengajuan banding ini hanya berlaku satu kali saja serta tidak boleh lebih dari 3 hari sejak akun anda dibanned.

Setelah itu anda jangan terlalu berharap akun anda diaktifkan lagi karena google memiliki hak untuk menonaktifkan akun anda dengan alasan apapun. Kemudian carilah alternatif lain untuk mencari uang dari blog selain google adsense, sementara anda menunggu balasan atas pengajuan keberatan tersebut.

Apakah ada akun yang diaktifkan lagi setelah dibanned?

Ada. Beberapa publisher yang pernah dibanned kemudian diaktifkan lagi walaupun hal seperti itu sangat jarang sekali. Biasanya mayoritas banned bersifat permanen. Misalnya ada 10.000 orang yang dibanned tapi hanya 1 orang saja yang akunnya diaktifkan lagi.

Akun Adsense Saya di Banned

Akun adsense saya disabled, ini terjadi sudah lama. Namun saya bersyukur karena rejeki saya tidak ikutan disabled, gkgkgk.... Ini adalah kejadian cukup mengejutkan bagi saya dimana saya selalu mentaati kebijakan program dan selalu berhati-hati dalam bertutur kata selama menjadi blogger. Ketika saya memeriksa laporan earning adsense sepulang kerja malam, saya melihat iklan saya di klik oleh seseorang yang berasal dari Indonesia sebanyak  675 klik. Sebuah niat mutlak ingin menghancurkan akun saya. Teman-teman bisa buka spoiller di bawah ini.


OALAH BROO...
Bagaimana blogger Indonesia bisa maju jika saling menghancurkan sesama bangsa sendiri. Selamanya akan terus dipecundangi oleh blogger luar negeri jika terus seperti ini.

Jika website saya melanggar, apakah mereka tidak ada cara lain yang lebih baik untuk menegur saya? Misalnya menegur melalui kolom komentar atau menghubungi saya melalui Contact Us yang sudah saya sediakan, dan pasti akan saya tanggapi dengan senang hati semua saran dan kritik pembaca. Kenapa harus dengan cara menghancurkan akun saya jika ada sesuatu yang melanggar di blog saya.

Bagaimana rasanya jika aset mereka sendiri yang menjadi sumber hajat hidup keluarga dihancurkan oleh orang lain suatu saat nanti? Apakah tidak takut kepada Allah bahwa semua perbuatan pasti ada balasnya. Yaa... semuanya saya serahkan kepada hukum Allah, biarlah Allah yang mengambil tindakan. Kerja keras selama bertahun-tahun untuk mengais rejeki halal ternyata begitu mudahnya dihapus oleh sesorang hanya dalam hitungan menit.

Namun sebagai blogger Indonesia saya harus berjiwa besar. Saya tidak ingin menghajar balik website milik seseorang yang telah menghancurkan akun saya, karena selama ini saya mendapat rejeki berkat kejujuran dan kebaikan dengan sesama. Walaupun saya mungkin bisa menduga siapa pelaku tersebut berdasarkan data-data yang saya kumpulkan.

Tapi jika dugaan saya salah, maka saya akan lebih berdosa telah merusak akun orang lain yang tidak bersalah, apalagi orang tersebut memberi nafkah keluarganya hanya dari blog. Mungkin saja orang yang telah berbuat jahil terhadap akun saya tersebut sedang khilaf dan tidak sadar bahwa semua perbuatan mengganggu rejeki orang lain bisa menuai kerugian besar bagi dirinya kelak.

Bagaimana langkah saya selanjutnya?
Pertama kita harus bisa instropeksi diri kesalahan apa yang kita perbuat sehingga akun kita diganggu orang. Janganlah seenaknya menuduh orang lain berbuat salah, karena sebenarnya semua kesalahan terletak pada diri kita sendiri. Jika kita ingin selamat maka kita harus menggunakan cara-cara yang baik, dan jika kita ingin celaka maka gunakanlah cara-cara yang tidak baik. Yakinlah Allah bersama orang-orang yang berada dijalan yang lurus.

Saat itu juga saya segera menghubungi google adsense. Saya menjelaskan apa yang terjadi pada akun saya. Setelah laporan terkirim langsung datang jawaban otomatis, yaitu google akan memeriksa akun saya, jika tidak ditemukan pelanggaran signifikan maka google tidak akan mengirim balasan.

Besoknya, iklan masih tampil di blog saya dan saya anggap akun saya aman-aman saja. Tapi ternyata laporan pemberitahuan atas kejadian sabotase pada akun saya tersebut mentah. Robot adsense tidak perduli dengan segala macam alasan, siapa yang berani melanggar akan dibanned hari itu juga.

Pada sore hari saya mendapat email bahwa akun adsense saya dinonaktifkan alias dibanned secara permanen. Email tersebut menerangkan bahwa telah terjadi aktivitas tidak syah pada website saya. Semua email milik saya yang terkait dengan akun adsense tersebut mendapat surat pemberitahuan yang isinya seram semua.

Dan ada kalimat yang mengatakan, mungkin saja seseorang sengaja memanfaatkan informasi pada akun anda untuk mengelak dari sistem pendeteksian google. Seseorang yang dimaksud itu siapa lagi kalau bukan saya.

Membaca tulisan itu, langsung saja saya mengirim balasan surat cinta dengan berbekal bismillah, karena saya tidak merasa melanggar dan tidak merasa mengelak dari pendeteksian google. Dan google sengaja memberikan kesempatan banding untuk mengajukan permohonan keberatan, namun hanya untuk sekali saja.

Hal ini saya manfaatkan untuk membuat sebuah konsep argumentasi. Lalu saya menulis surat permintaan pengaktifan akun dengan menggunakan bahasa inggris yang sopan, jelas dan relevan agar permohonan banding saya diterima.

Saya juga meminta ditunjukkan sampai dimana perlindungan google terhadap publisher jika yang melakukan aktivitas tidak valid tersebut adalah benar-benar orang lain, walaupun google berhak menonaktifkan akun saya dengan alasan apapun. Namun saya menulis dengan bahasa yang sopan, karena team pakar google adalah juga manusia biasa seperti kita.

Saya menyertakan 3 URL website saya agar direview ulang secara menyeluruh, dan ini lebih berat daripada mendaftar adsense ketika kita belum pernah dibanned. Setelah selesai semuanya, artikel permohonan banding saya kirim dan saat itu juga ada balasan otomatis bahwa pengajuan banding saya telah terkirim untuk direview.

Dalam waktu 24 jam berikutnya saya menerima email lagi dalam bahasa Inggris bahwa akun saya sedang menjalani pemeriksaan secara menyeluruh oleh team pakar adsense menyusul keterangan tambahan yang saya berikan. Email ini ditulis secara manual oleh team google dengan nada yang lunak dan halus, tidak serem seperti sebelumnya.

Namun lagi-lagi ada peringatan bahwa google tidak menjamin bahwa akun saya akan dikembalikan dan google berhak membanned akun dengan alasan apapun. Untung saja saya tidak punya jantungan, hahaha...

Selanjutnya saya tetap update seperti biasanya walaupun blog saya kelihatan berongga karena iklannya hilang, sebab ngeblog adalah hobby berat saya sejak awal walaupun saya tidak memiliki akun adsense lagi.

Hanya saja saya sempat terharu setiap melihat blog sederhana yang selalu saya rawat dengan baik dimana telah bertahun-tahun menemani saya kesepian di luar negeri, apalagi terpampang foto anak istri saya di blog yang saat ini terfitnah oleh seseorang dengan tuduhan penipuan klik (click fraud).

Besoknya ada email lagi dari google. Kali ini ditulis dalam bahasa Indonesia secara manual seperti gaya bahasa Indonesia yang saya gunakan.

Isinya, team pakar adsense telah memeriksa akun saya secara menyeluruh dengan seksama selama beberapa hari kemarin, dan dengan berbagai pertimbangan yang matang. Hasilnya, mereka memutuskan bahwa akun adsense saya diaktifkan lagi namun diperlukan waktu 48 jam untuk menghubungi semua server di seluruh dunia setelah akun saya lebih dari 2 hari terbanned, dan google meminta maaf atas ketidaknyamanan yang telah terjadi.

Ternyata Allah menunjukkan kepada google siapa yang benar dan siapa yang salah. Akhirnya saya bisa login lagi ke akun adsense dan iklan muncul lagi saat itu juga tanpa menunggu 48 jam. Terimakasih Yaa Allah, terimakasih Google, terimakasih para pembaca blog saya dan janganlah bosan mengunjungi blog sederhana saya. Tanpa kehadiran kalian, blog saya tidak ada artinya.

Beberapa hari kemudian ada berondongan puluhan invalid klik lagi. Dasar sial, hahaha... Namun akun saya telah ditandai dan saya tidak perlu melaporkan jika tidak ada aktivitas mencurigakan yang signifikan. Siapa yang bisa menyelamatkan akun adsense saya kalau bukan karena pertolongan Allah?

Dari kejadian ini kita bisa mengambil pelajaran. Namun yang perlu kita ingat adalah pastikan akun kita senantiasa tidak melanggar kebijakan program agar kita tidak takut menghubungi google adsense sewaktu-waktu. Dan yang lebih penting adalah serahkan keselamatan akun kita kepada Allah, biarlah Allah yang mengawasi akun kita. Marilah kita bersyukur karena rejeki kita tidak pernah di banned secara permanen oleh Allah.

Saya yakin orang yang pernah mengganggu akun saya tersebut sadar dan semoga dia ditambah rejekinya oleh Allah karena kejadian tersebut juga merupakan ujian baginya.

_________________________________________________________________________

Produk Baru Google Selain AdSene Yang Bisa Anda Tunggu
SEKILAS INFO. Sekarang ketika anda membuka tab EARNING atau PENGHASILAN di dasbor blogger, anda akan melihat tampilan seperti spoiller dibawah ini.


Ini adalah harapan gembira bagi kita semua para blogger untuk mendapatkan uang tambahan melalui blog gratis yang bernama blogger. Saat ini google terhitung menyediakan 4 sarana pilihan bagi kita untuk mendapatkan uang dari blog. Yang pertama adalah Google AdSense, kemudian VigLink, lalu SkimLinks, dan produk terbaru adalah Google Affiliate Network atau Iklan Afiliasi Google.

Keempatnya tersedia bagi blogger atau blogspot dan bisa kita gunakan untuk mendulang dollar dari google. Bahkan untuk VigLink dan SkimLinks bisa digunakan untuk mencari uang bagi mantan banned adsense. Hanya saja kedua fitur ini merupakan aplikasi pihak luar dan pembayarannya melalui akun paypal, sehingga banyak blogger yang merasa kesulitan karena tidak memiliki akun paypal.

Namun untuk Iklan Afiliasi Google pembayarannya akan dijadikan satu melalui akun adsense anda, ini lebih bagus. Jadi untuk berpartisipasi dalam program iklan google afiliasi anda harus sudah memiliki akun adsense yang telah disetujui, lalu anda bisa mengajukan permohonan ke program iklan google afiliasi.

Tetapi jika google telah menemukan mitra pengiklan yang sesuai dengan blog anda, maka anda akan secara otomatis bisa menambahkan iklan afiliasi google melalui gadget produk advertiser yang tersedia di dasbor blogger tanpa anda harus mendaftar. Anda bisa menempatkannya berdampingan dengan iklan google adsense. Letaknya gadget advertiser product berada di sebelah kanan halaman ketika anda membuat posting baru (dibawah label).

Iklan afiliasi google ini memiliki tampilan sangat menarik dan tidak berbeda jauh dengan iklan adsense. Ini memungkinkan anda mendapatkan penghasilan memuaskan seperti google adsense. Tapi setahu saya yang tampil hanya iklan gambar saja, untuk iklan teks saya belum tahu.

TAPI SAYANGNYA iklan afiliasi google saat ini hanya tersedia bagi blogger yang tinggal di Amerika Serikat dan Inggris saja. Untuk blogger Indonesia belum didukung karena google masih dalam tahap mengembangkan kemitraan dengan pengiklan.

MUNGKIN tidak terlalu lama nantinya akan sampai juga ke Indonesia seperti layaknya google adsense jika jumlah para pengiklan Indonesia telah memenuhi target. BUKTINYA, tampilan dasbor blogger telah menawarkan Iklan Afiliasi Google dengan tulisan berbahasa Indonesia seperti gambar di atas. Itu bisa kita gunakan untuk menebak.

Google Affiliate Network ini memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan bagi para blogger yang menggunakan domain blogspot.

<<<-----CURHAT.COM----->>>

Pengalaman diganggu orang

Berikut ini adalah beberapa pengalaman pribadi saya diganggu oleh orang lain selama saya menjadi blogger. Saya pernah menulis di salah satu halaman blog ini, bahwa saya baru bisa menghidupkan komputer hampir 2 tahun hingga saat saya menulis ini. Saya ini benar-benar masih newbie kawan. Saya bisa ngeblog ini secara tidak sengaja karena hanya untuk obat kesepian disaat kerja dirantau sendirian.

Saya telah bertahun-tahun berada diluar negeri di macam-macam negara, pulangnya 1 tahun sekali dan hanya sebulan saja dirumah. Disela-sela waktu senggang saya bisa update artikel seperti ini, kemudian saya sibuk kerja jadi kuli TKI dan update lagi minggu depan bila sempat. Artikel inipun lama sekali nyangkut di draf karena lupa saya publish. Setiap hari saya hanya memeriksa blog jika ada komentar yang masuk, kemudian sibuk di facebook like sana like sini, hahaha... Yang paling sering saya sibuk menyunting artikel di wikipedia karena merupakan pengguna/penulis terverifikasi.

Maklum, saya menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga yang memberi nafkah kedua orang tua saya yang sudah lanjut usia, serta seorang istri dengan dua anak yang masih kecil, kedua kakek dan nenek, serta beberapa keponakan dirumah. Jadi mau tidak mau saya harus nekat bertahun-tahun berjuang mencari nasi di negeri orang agar cukup untuk memberi makan keluarga besar saya. Modal utama saya hanya doa kepada Allah SWT agar terus diberi kekuatan dalam menjemput rejeki.

Gangguan Hacker
Dua kali situs saya di hack. Pertama kali saya bisa membuat website adalah menggunakan platform wordpress dengan domain tingkat atas. Bisa menulis di internet senangnya bukan main. Punya 3 artikel saja setiap hari saya baca terus menerus saking bangganya. Terlebih lagi setiap hari banyak komentar yang masuk, dan langsung saya balas dengan panjang lebar serta saya berkunjung balik ke website mereka.

Tapi apa yang terjadi? Ternyata semua komentar itu adalah komentar spam, dan saya tidak ngerti apa itu spam. Dasar blogger nubitol bin tolol, hahaha....

Sebelumnya saya sempat heran kenapa artikel saya bahasa Indonesia tapi kok komentarnya bahasa Inggris semua. Dan artikel yang saya tulis bukanlah artikel berkualitas karena saya belum memiliki pengalaman di internet, melainkan artikel tentang cerita hantu hasil dari ngarang sendiri, hahaha...

Beberapa hari kemudian tiba-tiba website saya berubah penampilan dengan sendirinya. Ada gambarnya cewek cantik dan ada musik country kesukaan saya. Wow... senangnya hatiku karena tiba-tiba websiteku keren dan ada musiknya.

Tapi apa yang terjadi? Ternyata website saya kena hack, gambar cewek cantik itu adalah gambarnya hacker. Dasar blogger bego, hahaha.... Yang ngehack ternyata juga bego, sudah tahu website newbie kok di hack. Jadi yang dihack malah senang dapat musik, dan musiknya aku download, judulnya "gambler" dan penyanyinya Keanny Rogers, hahaha....

Kemudian saya membeli domain lagi di server lain walaupun domain yang dihack tersebut telah diperbaiki oleh pihak server pertama, karena saya selalu ingin mencoba yang baru untuk mengetahui apa bedanya. Selama 3 bulan saya hanya bisa menulis 2 artikel saja di blog baru ini karena saya lebih sibuk baca-baca di internet saja. Akhirnya, blog baru saya ini juga dihack lagi oleh orang tak dikenal. Kenapa ngehack blog newbie yang hanya memiliki 2 artikel saja? Karena hackernya juga sama-sama newbie. hahaha....

Gangguan Hantu
Ketika tengah malam saya menulis artikel tentang hantu. Akhirnya, saya didatangi hantu beneran, hahaha.... Ceritanya begini. Saya menulis artikel tentang sebuah tempat angker yang pernah saya dengar. Kemudian saya mencari gambar hantu yang paling serem di internet. Tapi setelah menemukan gambar hantu yang serem saya tidak berani download untuk dipasang di blog saya karena saya takut sendiri. Selain itu nanti foto hantu akan tersimpan dikomputer saya sehingga komputer saya ada hantunya, hahaha... akhirnya saya terlelap ingin tidur saja.

Disaat antara sadar dan tidur saya mendengar seorang wanita memanggil saya dari belakang. Setelah saya tengok, ternyata ada wanita bergaun putih berambut panjang dan mukanya hitam rata persis kuntilanak. Haduh.... saya langsung baca ayat kursi berkali-kali dan akhirnya tersadar. Ini bukan mimpi tetapi antara sadar dan tidur karena hantunya berada dibalik pintu kamar saya.

Akhirnya artikel tersebut saya hapus tidak jadi dipublish. Besoknya saya kalau ingin menulis hantu-hantuan pada siang hari saja dan tidak berani malam hari. Dan saya mencari gambar hantu yang tidak terlalu jelek dan tidak terlalu mengerikan.

Salam Saya
Saya ingin menyampaikan sesuatu kepada segenap sahabat blogger di tanah air Indonesia tercinta. Sebagai bangsa Indonesia yang berada diluar negeri, saya merasa terharu sekaligus bangga ketika membaca tulisan-tulisan pada posting blog Indonesia. Rasanya saya seperti berada di kampung halaman. Betapa saya menginginkan para blogger Indonesia bisa menarik perhatian dunia sebagai webmaster profesional yang sukses di internet.

Betapa bangganya ketika saya menemukan website besar yang ternyata adalah milik orang Indonesia. Betapa ikut bahagianya ketika saya melihat publisher adsense yang memiliki trafik tinggi. Saya sangat berharap para publisher bangsa saya lebih sukses daripada mereka-mereka orang luar negeri.

Oleh karena itu marilah kita saling mendukung website milik bangsa kita agar sukses di internet sehingga tidak kalah dengan bangsa lain, dan janganlah kita saling menjatuhkan. Jika teman kita sukses, semua bangsa Indonesia ikut bangga. Kesuksesan para blogger Indonesia adalah kebanggaan kita semua. Duka mereka adalah kepedihan bagi kita juga.

Sampai disini dulu tulisan saya ini, salam sejahtera kepada semua blogger Indonesia yang sekarang berada di negaraku. Apa kabar Indonesia. Dan juga salam kepada blogger Indonesia yang saat ini sedang mengadu nasib di negeri orang, semoga anda segera pulang dan marilah kita membangun negara kita sendiri.

The Middle East Blogger of Indonesia
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...