Cara agar pembaca senang dengan blog Anda

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 23.9.12

Memberikan pelayanan kepada para pengguna atau pembaca blog agar mereka senang dan puas adalah tugas dari pemilik blog, bukan tugas para pembaca. Para pengunjung blog yang hadir adalah tamu kita, tanpa kehadiran mereka maka blog kita tidak ada gunanya sama sekali. Oleh karena itu para pembaca blog atau visitor blog merupakan bagian paling penting dan nomor satu bagi website kita. Janganlah kita membuat mereka kecewa setelah hadir di rumah kita.

Tugas pemilik blog banyak sekali, namun tugas pertama adalah memberikan pelayanan terbaik kepada tamu sebelum kita melakukan tugas yang lain seperti optimasi seo dan sebagainya. Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mereka ada beberapa hal paling utama yang harus kita dahulukan.


Bagi blog yang bertema bacaan (selain video/game, download, dan sejenisnya), ada hal-hal yang perlu kita utamakan, misalnya 5 faktor paling utama seperti berikut ini.

1. Berikan kesan pertama yang menyenangkan
Tujuan utama para pembaca adalah untuk mencari informasi yang ada di dalam isi bacaan, mereka bukan ingin melihat sidebar anda atau ingin melihat header anda dan lain-lainnya. Maka buatlah isi bacaan posting anda mudah ditemukan oleh mereka. Jadikanlah isi bacaan sebagai bagian yang paling mencolok, dengan kata lain pamerkanlah konten anda kepada para pembaca.

2. Suguhkan buku yang terang
Membaca blog tidak berbeda dengan membaca buku, maka sediakanlah buku yang terang dan tidak menyiksa mata. Buku yang terang adalah kertas dengan latar belakang putih dengan tinta warna hitam. Oleh karena itu usahakan wana latar halaman posting anda menyerupai buku bacaan serta warna dan ukuran huruf juga serasi agar para pembaca merasakan seperti membaca buku.

3. Sampaikan pesan anda dengan jelas
Menulis artikel blog sama dengan menyampaikan pesan kepada pembaca. Jadi tulislah artikel dengan bahasa yang baik dan benar agar mudah dipahami dan dimengerti. Perhatikan ejaan serta susunan kalimat agar mereka tidak sampai mengulangi lagi membaca dari atas. Jika mereka paham dan mengerti hanya dalam sekali membaca, berarti anda adalah penulis yang hebat.

4. Persilahkan pembaca menikmati hidangan sepuasnya
Artikel blog adalah hidangan yang kita suguhkan kepada pembaca. Tawarkanlah kepada mereka untuk menghabiskan semua hidangan yang kita sajikan. Oleh karena itu berikanlah navigasi blog yang memadai, kotak pencarian yang tidak menyesatkan, rss feeds yang mudah, dan apa saja yang membuat pengguna bisa dengan mudah membaca semua konten yang kita miliki.

5. Ajaklah tamu kita berdialog dengan baik
Tulisan kita adalah dialog kita kepada pembaca. Maka persilahkanlah para pembaca untuk berdialog juga kepada kita. Jadi sediakan contact us, kolom komentar, dan sejenisnya agar tamu kita tersebut bisa menjawab dialog kita atau bisa menyampaikan pesan kepada kita. Dan jawablah semua pertanyaan, kritik dan saran mereka dengan baik dan sopan.

Dengan mewajibkan 5 tips diatas bagi blog kita, niscaya semua tamu yang hadir akan senang dengan blog kita, dan itu berarti mereka juga senang kepada kita. Semoga tulisan ini bermanfaat, salam sahabat kepada semua pembaca tanpa terkecuali.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...