Bahagianya Hidup di Negeri Hutan Tropis

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 15.9.12

Hutan tropis adalah hutan yang dilintasi oleh garis khatulistiwa yang memiliki curah hujan tinggi sehingga kelembapan tanah serta cuaca membuat pepohonan bisa tumbuh dengan lebat. Hutan tropis juga disebut dengan hutan hujan, atau juga hutan hujan tropis yang dalam bahasa Inggris disebut rainforest.

Hutan tropis merupakan hutan lebat paling subur dari segala jenis hutan yang ada di muka bumi, selain itu memiliki spesies flora fauna terbanyak. Hutan tropis bisa ditemukan di beberapa wilayah seperti Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko dan Kepulauan Pasifik. Hutan tropis terluas di dunia adalah hutan amazon.

Indonesia adalah salah satu negara pemilik hutan tropis dengan satwa liar lebih dari 3.000 spesies dan merupakan jumlah spesies terbesar di dunia. Selain itu hutan tropis Indonesia juga memiliki ragam tumbuh-tumbuhan terbanyak di dunia walaupun saat ini hutan belantara Indonesia hanya tersisa sekitar 94 juta hektar.

Hutan Tropis Indonesia, Foto:Darryl Virgiawan's Photostream

Negara-negara timur tengah yang kaya raya karena minyaknya, namun mereka tidak bisa menikmati keindahan alam yang mempesona seperti Indonesia. Disana tanahnya gersang dan tidak ada tumbuhan yang bisa hidup tanpa jerih payah merawatnya. Begitu juga dengtan negara-negara lain yang memiliki empat musim. Mereka tidak memiliki tanah sesubur Indonesia.

Namun di negara tropis tanaman tumbuh dengan sendirinya tanpa ada yang merawat. Tumbuh-tumbuhan berlomba-lomba menghiasi alam serta memberikan kesejukan udara. Tanaman apa saja yang ada di dunia ini bisa tumbuh dengan subur di bumi Indonesia.

Hutan tropis Indonesia adalah tempat tinggal ragam flora dan fauna terbanyak di dunia, belum lagi kandungan tambang mineral dengan jumlah terbesar di dunia. Sebuah negeri yang elok laksana seuntaian jamrud khatulistiwa. Betapa beruntungnya orang-orang yang lahir dan tinggal di Indonesia, mereka telah terlahir di atas berlian di bawah khatulistiwa.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...