Santorini, Pulau Berbukit Gersang Terindah di Dunia

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 16.4.12

Coba bayangkan jika anda tiba-tiba menemukan tempat seperti ini di Indonesia, mungkin anda akan mengira bahwa itu adalah perkampungan makhluk halus penunggu tempat angker. Bagaimana tidak, diatas bukit berbatu yang gersang terdapat sebuah perkampungan manusia yang indah dan berkilauan yang biasanya dianggap sebagai perkampungan makhluk halus.


Jika seandainya bangunan-bangunan gemerlap itu tidak ada, maka yang ada hanya bukit bebatuan terjal yang jarang sekali terdapat tumbuhan. Jika siang hari akan terlihat panas dan waktu malam hari akan terlihat sunyi dan menyeramkan. Namun dengan adanya perkampungan seperti istana di atas awan tersebut, maka suasana sunyi dan menakutkan ternyata hilang, yang nampak adalah sebuah pemandangan desa yang unik dan menakjubkan di atas perbukitan yang sejuk.

Dan ini bukanlah perkampungan makhluk halus, melainkan perkampungan manusia beneran. Dialah yang disebut Santorini, sebuah pulau berbukit terjal yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil melingkar membentuk kaldera yang ada di Yunani. Meskipun di Yunani terdapat banyak bangunan yang sama, namun mereka belum ada yang mampu menawarkan pemandangan yang lebih baik dari Santorini. Pulau-pulau kecil dengan tebing yang dipenuhi bangunan warna cerah putih menyala dan disatukan oleh pantai yang jernih itu tampak membentuk seperti gambar kartu pos yang sangat sempurna.


Santorini sebenarnya adalah sisa kaldera gunung berapi setelah terjadinya ledakan vulkanik sangat dahsyat yang menghancurkan pemukiman awal di pulau yang sebelumnya tunggal dan menciptakan kaldera geologi saat ini. Terdapat sebuah laguna raksasa berbentuk persegi panjang dengan ukuran 7 x 12 km dan dikelilingi oleh tebing curam dengan kedalaman 300 meter di tiga sisi.

Daerah ini merupakan pusat vulkanik paling aktif sejak 3-4 juta tahun yang lalu. Pulau ini merupakan tempat salah satu letusan gunung berapi terbesar dan terdahsyat sepanjang sejarah yang terjadi sekitar 3600 tahun yang lalu pada masa puncak peradaban minoan. Letusan tersebut meninggalkan ratusan kaldera besar yang dikelilingi oleh endapan abu vulkanik dan menimbulkan tsunami raksasa yang menyebabkan runtuhnya peradaban minoan di pulau Kreta, 110 km di sebelah selatan. Letusan dahsyat ini kemudian menjadi sumber dari munculnya legenda atlantis.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...