Cara Menghindari Gangguan Tuyul

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 16.4.12

Siapa tak kenal tuyul? Banyak orang tak kenal tuyul, namun mayoritas mereka pernah mendengar nama tuyul. Tuyul adalah makhluk halus atau bangsa jin yang digambarkan berbentuk anak kecil berkepala gundul dan memiliki keahlian mencuri uang. Itu adalah gambaran masyarakat pada umumnya.

Pandangan umum
Tuyul adalah sosok jin kecil yang populer dikalangan masyarakat Indonesia, terutama pulau Jawa. Menurut kepercayaan para penduduk, tuyul sering mencuri uang di pasar-pasar atau rumah-rumah yang memiliki banyak uang, namun si tuyul hanya bisa mengambil uang dalam jumlah tertentu saja saat sekali mencuri, sesuai dengan harga tuyul tersebut.

Pemilik uang tidak mengetahui saat tuyul beraksi, namun mereka baru sadar setelah berikutnya mendapatkan uangnya hilang secara tidak wajar dan mereka selanjutnya akan menuduh bahwa tuyul adalah pelakunya.

Namun tuyul tidak bisa mencuri uang dibank, karena bank dipercaya memiliki penjaga makhluk halus yang lebih sakti sehingga tuyul tidak berani masuk bank. Tapi tuyul akan mencuri uang tersebut setelah diambil oleh nasabah bank. Keahlian tuyul melebihi tukang copet biasa, mereka bisa mencuri uang yang ada di dalam dompet walaupun dompet tersebut sedang berada dalam saku orang tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Asal-usul tuyul
Beberapa paranormal Jawa mengatakan bahwa tuyul berasal dari korban aborsi atau bayi yang meninggal di dalam kandungan ketika janin sudah berusia 7 bulan. Kemudian arwahnya akan mencari ibunya sebelum akhirnya ditangkap oleh dukun atau paranormal dan dijual untuk dipekerjakan kepada seorang majikan. Orang yang menjadi majikan tersebut akan disebut sebagai pemelihara tuyul.

Pesugihan tuyul
Memelihara tuyul adalah salah satu metode pesugihan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin kaya tanpa usaha. Majikan tuyul biasanya hanya kaum wanita saja, karena pada saat-saat tertentu tuyul akan minta menyusu atau menetek kepada majikannya. Sang majikan harus menyediakan kamar bayi untuk si tuyul disertai mainan anak-anak, karena sesuai asal-usulnya bahwa tuyul adalah anak-anak korban keguguran atau aborsi. Masa memelihara tuyul hanya terbatas selama 10 tahun, dan selanjutnya harus diganti dengan tuyul baru.

Pemelihara tuyul
Ciri-ciri orang memelihara tuyul misalnya rumahnya di cat berwarna-warni dan akan tampak suram walaupun rumahnya bagus. Kalau makan akan selalu disisakan karena sisanya untuk makanan si tuyul dan tidak cuci tangan karena akan memegang tuyul saat menyusui nanti.

Kalau berjalan sering meletakkan tangannya dibelakang dengan maksud menggendong tuyul ketika diajak jalan-jalan saat beroperasi. Jika kita meledek di belakangnya, maka dia akan menoleh ke kita karena diberitahu oleh tuyul yang digendongnya. Sukses tidaknya tuyul dalam mencuri tergantung bagaimana cara majikan menggembalakan tuyulnya untuk menemukan sasaran yang tepat.

Wujud asli tuyul
Menurut paranormal Jawa, sebenarnya wujud asli tuyul bukanlah seperti anak kecil yang gundul dan lucu seperti yang digambarkan oleh masyarakat umum, bentuk asli tuyul melainkan sangat jauh dari gambaran tersebut. Tuyul memiliki wujud yang cukup seram, tinggi tuyul maksimal hanya 10 cm, berbulu hitam dan berlendir, berkepala botak, bergigi agak runcing serta hidungnya selalu ingusan. Tuyul bisa dilihat dengan mata telanjang oleh pemiliknya saja, sedangkan orang lain tidak bisa melihatnya, kecuali hanya orang-orang tertentu yang memiliki mata batin tajam.

Tips menghindari gangguan tuyul
1. Jangan menyisakan makanan dipiring dan membiarkan makanan terbuka, karena hal itu akan mengundang tuyul datang ke rumah.
2. Taruhlah kaca ditempat anda menyimpan uang, karena ketika tuyul melihat bayangannya sendiri di kaca akan menganggapnya itu tuyul anda, sehingga tuyul yang asli tersebut akan lari.
3. Jika anda mau, anda bisa memelihara kepiting atau yuyu di sumur anda, karena tuyul suka main dengan yuyu sehingga lupa dengan tugas mencurinya.
4. Taruhlah mainan anak kecil ditempat anda menyimpan uang, karena jika tuyul melihat mainan anak kecil maka dia tidak jadi mencuri uang karena asyik bermain.
5. Dan yang lebih penting adalah anda harus rajin membaca doa meminta perlindungan yang maha kuasa, karena anda akan aman dari gangguan segala makhluk halus jahat, termasuk gangguan tuyul.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...