Hujan Debu di Timur Tengah

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 25.4.12

SEKEDAR INFO. Tahukah anda bahwa di negara-negara timur tengah seperti Arab Saudi, Irak, Kuwait dan lain-lainnya sering terjadi hujan debu? Ditengah-tengahnya pesona bangunan gedung timur tengah yang megah dan menjulang tinggi, ternyata disana tidak ada hujan air kecuali hanya gerimis kecil yang hanya terjadi 3-4 kali dalam setahun. Melainkan hujan debu yang sering terjadi.

Di timur tengah juga ada mendung tebal atau awan hitam yang sangat rendah disertai petir seperti layaknya ketika mau turun hujan, namun hujan air yang deras tak pernah turun di bumi Arab sepanjang sejarah kecuali hanya gerimis kecil dan hujan debu. Hujan debu diawali dengan gumpalan debu di atas langit yang membuat langit menjadi gelap seperti petang hari, kemudian debu turun ke bumi dan menimpa apapun dibawahnya. Hujan debu di timur tengah biasanya hanya terjadi pada masa-masa transisi atau peralihan dari musim panas menuju musim dingin atau dari musim dingin menginjak musim panas.


Musim panas ketika pada puncaknya mencapai suhu 50-59 derajat celcius dan ketika musim dingin suhu udara mencapai puncak dingin hingga 1-8 derajat celcius. Orang-orang timur tengah menggunakan jubah putih yang menyelimuti seluruh tubuh untuk melindungi kulit dari sengatan udara pasir yang panas dan membakar kulit, selain itu juga untuk melindungi diri dari hawa dingin yang menusuk tulang ketika musim dingin.

Warna putih pada jubah membantu memantulkan kembali sinar matahari yang panas sehingga rasa panas tidak merasuk ke dalam tubuh. Daun-daun kurma akan kering seperti pohon yang akan mati, namun kemudian mengeluarkan untaian bunga kurma berbentuk mayang terurai yang selanjutnya berubah menjadi buah kurma yang sangat manis.

Ketika terjadi hujan debu di timur tengah, jalan raya akan macet dan semua kendaraan yang lewat harus menyalakan lampu karena langit terlihat gelap biarpun hujan debu terjadi pada pertengahan siang hari. Debu yang beterbangan menabrak kaca mobil seperti gerombolan gumpalan asap yang terbang dan menabrak apapun yang ada di sekitarnya. Ketika terjadi hujan debu disertai angin kencang dengan desisan suara angin yang menakutkan, semua orang mengucapkan "Allahu Akbar" sambil berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT.


Pernah terjadi hujan debu dahsyat disertai angin kencang yang memporak porandakan segerombolan kambing ternak yang sedang merumput di area padang pasir luas dan gersang yang hanya di tumbuhi rumput kering yang jarang-jarang. Hewan ternak yang terkena terjangan badai padang pasir akan tercerai berai dan banyak yang hilang atau sulit ditemukan. Angin kencang padang pasir mampu merobohkan bangunan-bangunan kecil seperti tempat parkir, garasi dan pos-pos militer.

Kalau di Indonesia hujan debu hanya terjadi ketika ada letusan gunung berapi seperti ketika terjadi letusan di gunung merapi, kelud, semeru dan gunung-gunung berapi lain.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...