Daun jambu biji ampuh sembuhkan luka memar

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 18.4.12

Di daerah Bali peristiwa ini dinamakan Ala Bali. Luka yang membiru atau luka memar. Sebabnya tidak tentu, mungkin bisa karena terjatuh, atau terkena benda keras, atau juga mungkin terjepit pintu, dan sebagainya yang biasanya disebabkan oleh benda tumpul. Terkena sentuhan benda keras seperti itu pasti akan membiru.

Ada berbagai macam cara untuk mengatasinya menurut adat masing-masing, misalnya adat Jawa, adat Bali dan lain sebagainya. Marilah kita coba mengikuti adat Bali dalam mengobati luka memar, yaitu dengan menggunakan daun jambu biji.

Jambu biji memiliki nama latin psidium guajava (Linn) dari keluarga Myrtaceae dan juga memiliki bermacam-macam nama lokal. Misalnya, dalam bahasa Jawa disebut jambu kluthuk, bahasa Sunda disebut jambu batu, bahasa madura disebut jambu bender, dan banyak lagi sebutan lainnya pada tiap-tiap suku.

Tanaman ini tersebar luas sampai ke Asia tenggara seperti Indonesia, Asia selatan, India, Srilangka, dan sebagainya. Jambu biji merupakan tanaman perdu yang memiliki banyak cabang dan ranting, batang pohonnya keras. Permukaan kulit bagian luar pohon jambu biji berwarna coklat dan licin. Jika kulit pohon jambu biji tersebut terkelupas, maka akan terlihat permukaan kulit yang muda dan basah.

Bentuk daunnya biasanya bercorak bulat telur, berukuran agak besar dan sedikit keras. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul di ketiak daun. tanaman ini bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Ketika umur 2-3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah. Bijinya banyak sekali dan bercampur dengan daging buahnya.

Jambu biji biji ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan pengobatan. Diantaranya adalah berkhasiat bisa menyembuhkan luka memar dengan cepat. Jika ada saudara atau kerabat anda yang menderita luka memar, maka anda bisa mencoba melakukan penyembuhan dengan cara berikut ini.

Caranya.
Ambillah kayu cendana atau sebuah gosokan kayu cendana. Kemudian ambillah bawang merah, bawang putih, 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan tumbuklah jadi satu. Kecuali kayu cendana jangan ikut ditumbuk. Kemudian bubuhkan gosokan kayu cendana dan terakhir berilah sedikit air.

Silakan ditunggu sebentar, jika warnanya sudah berubah agak kecoklatan, maka ambillah segumpal kecil kapuk kapas dan celupkan ke dalam air ramuan tersebut. Kemudian balutkan tepat pada luka memar.

InsyaAllah dalam waktu singkat akan hilang rasa sakitnya dan akan kempes luka memarnya yang membiru, selanjutnya bengkaknya akan menyusut dan sembuh.

Tanaman jambu biji selain bermanfaat sebagai tanaman hiasan juga kaya akan manfaat lain, dan buahnya yang kaya vitamin juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh agar kebal terhadap berbagai penyakit.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...