Khasiat Bunga Pagoda Sembuhkan Wasir Berdarah

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 17.4.12

Tahukah anda apa itu bunga pagoda. Bunga pagoda adalah tumbuhan semak atau tanaman perdu meranggas yang biasa dijadikan tanaman hias dan biasa ditemukan di taman, kebun, pinggir jalan dan sebagainya.

Bunga pagoda memiliki nama latin Clerodendrum japonicum (Thunb), sedangkan nama daerahnya adalah sengungu atau tumbak raja. Di Eropa tanaman ini dikenal dengan nama Sengungu Bali Flower Pagoda. Tanaman ini tingginya mencapai 1-3 meter dengan batang dipenuhi bulu halus. Daun tunggal, bertangkai dan letaknya berhadapan.


Helaian daun berbentuk bulat telur melebar, pangkal daun berbentuk jantung, dua daun tertancap menjari dan panjangnya bisa mencapai 30 cm. Tanaman ini memiliki buah yang berbentuk bulat. Bunganya adalah bunga majemuk yang indah dan berwarna merah yang terdiri dari kumpulan bunga-bunga kecil yang terkumpul membentuk piramida dan keluar dari ujung tangkai mengarah keatas.

Tumbuhan ini ternyata memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan, diantaranya adalah bisa menyembuhkan wasir berdarah, bisul dan koreng. Bagian tanaman yang digunakan adalah akar dan daun yang memiliki kandungan kimia alkohol, garam kalium dan zat samak. Berkhasiat sebagai anti radang, diuretik, sedatif dan hemostatis.

Cara pengobatan untuk wasir berdarah adalah ambillah daun bunga pagoda sebanyak 7 lembar, madu asli 25 ml, air 110 ml, kemudian direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin minumkan kepada penderita pagi dan sore.

Cara pengobatan untuk bisul dan koreng adalah ambillah akar bunga pagoda sebanyak 25 gram, air 110 ml, kemudian rebuslah sampai mendidih. Setelah dingin minumkan kepada penderita 2 kali sehari pagi dan sore.

Bunga pagoda selain bermanfaat sebagai tanaman hias juga memiliki khasiat bagi kesehatan, oleh karena itu menanam bunga pagoda dihalaman rumah atau dipekarangan sama dengan memiliki apotik hidup atau warung hidup.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...