Cara Membuat Resume Untuk Melamar Kerja Lewat Internet

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 25.3.12

Apakah anda sedang mencari lowongan kerja lewat internet? Atau anda sudah menemukan pilihan job yang anda bidik namun belum mengirim lamaran? Jika iya, maka anda harus tahu bagaimana cara melamar kerja lewat internet.

Nah teman-teman pembaca, marilah kita berbagi pengalaman tentang cara membuat resume untuk melamar kerja lewat internet. Perlu anda ketahui bahwa pada masa sekarang ini jika kita tidak mencari lowongan kerja lewat internet, maka kita akan ketinggalan informasi.

Artikel ini saya tulis bersumber dari pengalaman pribadi, karena saya adalah pekerja yang selalu mendapat kerja dari melamar kerja lewat internet hingga saya bekerja sekarang ini.

USB Memory
Melamar kerja lewat internet harus punya Resume
Apa itu resume? Resume adalah sebutan untuk surat lamaran yang digunakan untuk melamar kerja lewat internet. Resume isinya adalah rangkuman tulisan tentang data identitas diri anda (KTP), ijazah sekolah, riwayat hidup, pengalaman kerja atau referensi kerja, serifikat-sertifikat trining, dan apapun yang anda miliki yang berhubungan dengan keahlian anda atau bidang anda dalam pekerjaan. Resume mewakili satu bendel surat-surat yang biasa anda pakai melamar kerja.

Namun resume ini hanya satu lembar atau satu halaman saja, tidak lebih dari itu. Semakin banyak pengalaman kerja yang anda miliki, maka semakin panjang halaman resume anda. Namun resume yang akan dipakai melamar kerja lewat internet tidak ditulis dengan buku, melainkan ditulis dengan komputer, karena selanjutnya akan disimpan di memory USB atau yang biasa disebut flashdisc. Bentuknya flashdisc seperti gambar diatas itu.

Jika anda tidak bisa menulis dengan komputer, anda bisa pergi ke percetakan yang menggunakan komputer untuk mengetikkan resume anda. Namun tukang percetakan tersebut hanya mengetikkan saja, kemudian anda yang memberikan data-datanya. Anda juga harus membeli flashdisc sendiri, kemudian flasdisc tersebut bisa anda gunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Cara membuat resume yang baik
Nah, sekarang bagaimana cara membuat resume yang paling baik? Resume yang baik adalah resume yang menerangkan tentang biodata anda sejelas-jelasnya namun simple. Anda juga bisa menyertakan foto anda di resume tersebut. Semakin banyak data yang anda miliki dan anda masukkan ke resume tersebut, maka itu akan lebih baik dan lebih berpeluang besar untuk diterima calon majikan.

Urutan menulis resume yang paling baik dan paling simpel adalah sebagai berikut;

*NAMA
*TEMPAT TANGGAL LAHIR
*JENIS KELAMIN
*AGAMA
*SUKU/KEWARGANEGARAAN
*ALAMAT
*NO KTP/SIM

*PENDIDIKAN
1. SD .... (TAHUN.... S/D TAHUN...)
2. SMP ....  (TAHUN.... S/D TAHUN...)
3. SLTA ....  (TAHUN.... S/D TAHUN...)
4. PERGURUANTINGGI .... (TAHUN.... S/D TAHUN...)

*PENGALAMAN KERJA
1. PT. EXAMLE  (TAHUN.... S/D TAHUN...)
    JABATAN .... (Tulis jabatan anda waktu itu)
2. PT. EXAMPLE  (TAHUN.... S/D TAHUN...)
    JABATAN ....(Tulis jabatan anda waktu itu)
3. PT. EXAMPLE  (TAHUN.... S/D TAHUN...)
    JABATAN ....(Tulis jabatan anda waktu itu)

*SERTIFIKAT
1. Tuliskan sertifikat yang anda miliki
2. Tuliskan sertifikat yang anda miliki
3. Tuliskan sertifikat yang anda miliki
4. Tuliskan sertifikat yang anda miliki

* Dan lain-lain yang ingin anda tambahkan.

Resume itulah yang nantinya anda gunakan untuk melamar kerja lewat internet. Jika anda sudah menemukan pilihan job vacancies atau lowongan kerja yang ingin anda lamar, maka anda hanya tinggal mengirimkan resume tersebut ke alamat di internet yang sudah disediakan oleh calon majikan atau penyalur tenaga kerja tersebut, selanjutnya anda hanya tinggal menunggu panggilan.

Setelah anda mendapat panggilan, anda harus datang dengan membawa fotokopi surat-surat yang tertulis di resume tersebut beserta SKCK (surat keterangan catatan kepolisian) yang anda minta di polsek tempat anda tinggal. Sesampai di tempat lowongan kerja anda akan di interview atau tanya jawab tentang hal-hal yang telah anda tulis diresume tersebut. Perlu anda ketahui, mencari lowongan kerja lewat internet akan lebih cepat untuk mendapat pekerjaan.

Semoga bermanfaat.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...