Memelihara Kucing di Rumah

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 23.11.11


Adakah kucing di rumah anda? Tahukah anda bahwa kucing merupakan hewan piaraan paling populer di dunia? Mengapa? Karena kucing merupakan hewan pintar, setia dan penuh kasih sayang. Selain itu mereka juga lucu.

Kucing banyak jenisnya, ada yang tidak berbulu, berbulu pendek, dan berbulu panjang. Warnanyapun bermacam-macam, ada yang polos dan ada yang berpola. Kucing ahli memanjat dan melompat. Bila jatuh, kucing hampir selalu dapat mendarat dengan kakinya.

Bagaimana cara memelihara kucing? Kucing tidak membutuhkan kandang, mereka hanya memerlukan tempat tidur. Tempat tidurnya dapat anda buat dari keranjang bekas atau kardus yang diberi kain-kain bekas. Kain ini berfungsi sebagai penghangat dikala dingin.

Jika kucing dipelihara di dalam rumah, maka anda harus melatihnya agar membuang kotoran di kotak pasir. Anda harus meletakkan kotak pasir di tempat yang aman, jauh dari tempat makanannya. Kucing adalah hewan cerdas, jadi mereka bisa cepat mengerti.

Memelihara kucing memerlukan tanggungjawab besar. Anak yang masih kecil kucing harus diberi makan empat kali sehari dalam porsi kecil. Kucing yang lebih tua mungkin hanya perlu makan sekali atau dua kali sehari. Ingat, berikan kucing makanan yang cocok untuknya. berikan daging, ikan atau ayam kepada mereka. Selain itu, kucing juga memerlukan minum. Kucing senang sekali bila diajak bermain-main.

Kucing juga dapat menderita berbagai penyakit. Oleh karena itu, kucing harus dibawa ke dokter sekali setahun untuk diperiksa kesehatannya. Dokter yang menangani hewan disebut dokter hewan. Kucing yang sehat mempunyai hidung yang selalu basah, mata yang bening, telinga yang bersih dan bulu yang mengkilap. Jika terlihat perubahan pada penampilan kucing anda, maka segeralah dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...