Khasiat Adas (Feoniculum Vulgare Mill)

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 23.11.11


Kandungan Bahan aktif :
Kandungan atsiri adas bervariasi antara 0,6 - 6%. Buah yang terletak di tengah-tengah payung umumnya mengandung minyak atsiri yang lebih tinggi dan baunya lebih tajam dibandingkan dengan buah yang terletak di bagian lain. Iklim dan waktu panen sangat menentukan kandungan minyak atsiri.

Minyak atsiri yang paling utama dari varietas dulce mengandung anethol (50 - 80%), limonene (5%), fenchone (5%), estragol (methyl-chavicol), safrol, alpha-pinene (0,5%), camphene, beta-pinene, beta-myrcene dan p-cymen. Sebalik-nya varietas vulgare tidak dibudi-dayakan, kadang-kadang mengandung lebih banyak minyak atsiri, tetapi karena dicirikan oleh fen-chone yang pahit (12 - 22%) sehing-ga harganya lebih murah dari varietas dulce.

Khasiat : 
1. Menghilangkan dingin, pereda rasa nyeri sendi, menurunkan kadar asam urat tinggi
2. Menahan rasa mulas, pelega perut, penambah rasa alami, mengatasi batuk dan sariawan mulut

Bagian yang digunakan untuk obat :
Buahnya yang sudah masak

Cara pengobatan :
3-9 gram buah adas kering direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
Atau digiling halus, diseduh dengan secangkir air panas lalu diminum hangat-hangat 1-2 kali sehari.

Selain itu adas juga bermanfaat untuk kesehatan wanita dalam meningkatkan produksi ASI, memperlancar haid, dan meningkatkan hormon estrogen sehingga memperlambat menopause.

Adas juga dapat digunakan sebagai terapi tradisional kanker prostat, dengan dosis 1 - 2 sendok teh adas yang telah dihancurkan kemudian direndam dalam secangkir air panas selama 10 menit, dan diminum sebanyak 3 kali sehari.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...