Gunung Padang, Situs Megalitik Terbesar di Asia Tenggara

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 4.10.11

Bosan dengan keramaian? Anda bisa mengajak putra-putri berwisata sejarah ke situs Gunung Padang, situs megalitik terbesar di Asia Tenggara di Cianjur, Jawa Barat.

Situs tersebut persisnya terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka Cianjur sekitar 26 kilometer arah baratdaya Stasiun Cianjur. Untuk mencapainya, kita harus menapaki 400-an anak tangga dengan waktu tempuh dari dasar sekitar setengah hingga satu jam pendakian tergantung kemampuan pendaki. Dari puncaknya di ketinggian 885 meter kita bisa melihat kota Sukabumi, Cianjur, dan Gunung Tangkuban Perahu.

Luas bangunannya sekitar 900 meter persegi dengan luas seluruh area sekitar 3 hektare. Masyarakat setempat percaya, situs ini merupakan bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam. Cuma usaha tersebut gagal karena matahari sudah terlanjur terbit di bukit yang kini dinamakan Gunung Padang yang berarti terang.

Salah satu hal yang dipercaya menjadi bukti keberadaan Prabu Siliwangi adalah tapak kaki harimau dan bekas sarung kujang, senjata khas Jawa Barat yang terdapat di sekitar kompleks.

Situs Gunung Padang ditemukan N.J. Krom, warga Belanda pada 1914, lalu dibuka pemerintah Indonesia pada 1979. Rata-rata ada 1200 sampai 1500 pengunjung per bulan. Sebagian besar pengunjung datang untuk berziarah karena percaya doa mereka dapat lebih mudah dikabulkan di tempat ini.

Sumber: http://berita.liputan6.com/read/341583/mengunjungi-situs-megalitik-terbesar-di-asia-tenggara
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...