Google AdSense Untuk Pemula

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 2.7.11

Google AdSense

Apakah Google AdSense itu?
Google AdSense atau di kalangan blogger Indonesia lazim disebut GA, adalah program gratis sebuah aplikasi penayangan iklan bertarget yang dijalankan sejak tahun 2003 oleh Google Incorporated, yang mana akan memberikan penghasilan/earning per klik atau per seribu tayang kepada para pemilik blog/website yang menayangkan iklan Google yang relevan, jika ada pengunjung yang meng klik iklan di website mereka. 

GA merupakan kerjasama dari tiga pihak yang saling berhubungan, yaitu pihak pengiklan atau disebut Advertiser yang tergabung melalui program AdWords, pihak penayang yang disebut Publisher melalui program AdSense dan pihak Google sebagai pengelola.

GA merupakan aplikasi penayangan iklan terbaik di internet saat ini, yang mana telah mendapatkan kepercayaan para Advertiser dari perusahaan-perusahaan besar dan didukung oleh dua juta Publisher yang tersebar di seluruh penjuru dunia, dan telah menjadikan sebagai penghasilan utama Google Incorporated.

Apa yang di maksud dengan iklan bertarget?
Sederhana saja, pada dasarnya, semua perusahaan di seluruh dunia sama. Sesuai prinsip perusahaan-perusahaan besar yang sudah go public, mereka pasti mempunyai target yang harus di capai dalam satu tahun. Google pun demikian, Google harus bisa menyelesaikan target penayangan iklan dalam jangka waktu tertentu dari para advertiser.

Untuk mencapai target, Google menyediakan blog gratis yang disebut Blogger, yang telah di beli dari sebuah perusahaan yang bernama Pyra Labs pada tahun 2003. Google AdSense memberikan prioritas kepada para pengguna Blogger untuk mendaftar sebagai Publisher AdSense, dengan ketentuan-ketentuan yang telah di tetapkan oleh Google sesuai dengan fungsi utama Blogger sebagai pendukung program Google AdSense. 

Dari mana Publiser mendapat uang?  
Advertiser membutuhkan jasa Google untuk menayangkan iklan agar bisa menemukan penggunanya, dan akan membayar Google dengan harga tertentu jika ada pengguna yang meng klik iklannya. Uang itu seberapa persennya akan diberikan kepada Publisher yang telah menayangkan iklan yang telah di klik oleh pengguna. Jadi Publisher telah membantu Google untuk mencapai targetnya. Semakin banyak publisher, akan semakin mudah target tercapai.

Publisher tidak membayar uang sepeserpun kepada Google, akan tetapi Publisher harus mentaati segala kebijakan program yang telah ditetapkan oleh Google AdSense. Ini bertujuan untuk melindungi Advertiser dari kecurangan-kecurangan yang mungkin dilakukan oleh Publisher, dan memang seharusnya begitu.

Di mana Publisher menempatkan iklan Google?
Publisher menempatkan iklan Google di website yang memenuhi syarat dan ketentuan program Google Adsense. Untuk penempatan iklan, saat ini Google AdSense memiliki enam produk kategori, yaitu adsense untuk konten, adsense untuk domain, adsense untuk penelusuran, adsense untuk feeds, adsense untuk video dan adsense untuk konten seluler. Adsense untuk konten seluler memungkinkan Publisher mendapatkan penghasilan jika ada pengunjung yang mengklik iklan di web seluler mereka.

Saat ini Google AdSense belum mendukung adsense untuk konten dalam bahasa Indonesia untuk mendaftar ke Google AdSense, kecuali hanya adsense untuk pencarian, yang mana Publisher bisa memasang mesin telusur ubahsuaian di situs untuk menyediakan penelusuran web kepada pengguna dan akan mendapat penghasilan jika pengguna mengklik iklan yang dijumpai dari memakai mesin telusur itu.

Jika Publisher ingin menampilkan iklan di konten berbahasa Indonesia, maka harus menggunakan fasilitas Google Friend Connect yang disediakan oleh Google juga, sebatas tidak melanggar kebijakan program adsense lainnya. Tetapi Publisher harus responsif jika ada peringatan apapun dari pihak Google AdSense atas kemungkinan pelanggaran yang dilakukan oleh Publisher, termasuk penempatan iklan dalam konten berbahasa Indonesia.

Google AdSense sudah mengisyaratkan pernyataan melalui AdSense Inside atas upaya yang sedang dilakukan untuk menyediakan AdSense untuk konten yang mendukung bahasa Indonesia.

Blog untuk daftar Google AdSense
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...