Sejarah Internet

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 7.5.11

Internet berasal dari kata "Inter Network" yang artinya antar jaringan
Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak komputer berbasis UNIX, yang memungkinkan kita bisa membuat komunikasi yang tak terbatas melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang jaringan, kehandalan, seberapa banyak informasi dapat ditransfer dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Tujuan awal dari proyek konstruksi adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah dalam kasus serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, karena apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan dalam sekali serangan jika informasi hanya terpusat pada satu titik.

Pada ARPANET pertama hanya menghubungkan 4 lokasi, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama setelah proyek ini berkembang pesat, semua wilayah dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat sulit untuk mengatur ARPANET.

Oleh karena itu, ARPANET split melebar menjadi dua bagian, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" yang lebih kecil untuk keperluan non-militer. Gabungan kedua itu jaringan akhirnya dikenal sebagai DARPA INTERNET, yang kemudian disederhanakan lagi dengan sebutan INTERNET.

Sejarah penting lainnya

Pada tahun 1972, Ray Tomlinson berhasil menyelesaikan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. E-mail program yang sangat sederhana itu segera akhirnya menjadi populer. Pada tahun yang sama, "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET dikembangkan di luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang berada di luar Amerika Serikat yang tergabung dalam jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua ahli komputer yang bernama Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirim e-mail dari Royal Signals dan pendirian radar di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer di ARPANET bergabung dengan membentuk garis atau jaringan. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Pada tahun 1981 France Telecom menciptakan buzz dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang dapat memanggil satu sama sementara lainnya yang terkait dengan link video.

Karena komputer yang membentuk jaringan setiap hari terus meningkat, akhirnya diperlukan suatu protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal sekarang. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer counter yang dikenal dengan sebutan EUNET yang menyediakan jasa jaringan komputer di Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan EUNET menyediakan e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menghomogenkan alamat pada jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 sistem nama domain diperkenalkan, yang sekarang kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang terhubung dengan jaringan yang ada memiliki lebih dari 1000 komputer. Pada tahun 1987 jumlah komputer yang terhubung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.

Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tidak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer ke komputer lain, yang membentuk jaringan. Program ini disebut www atau World Wide Web.

Pada tahun 1992, komputer saling terhubung satu sama lain yang membentuk jaringan telah melampaui satu juta komputer dan pada tahun yang sama jangka waktu surfing internet. Pada tahun 1994, situs web telah berkembang menjadi 3000 alamat halaman dan untuk pertama kalinya dalam belanja-virtual atau e-retail muncul di internet. Dunia berubah. Pada tahun yang sama Yahoo didirikan, yang juga dikenal sebagai kelahiran Netscape Navigator.

Hingga saat ini, komputer yang saling terhubung melalui internet jumlahnya mencapai ratusan juta yang tersebar di seluruh penjuru dunia, belum lagi HP online yang telah memboyong teknologi komputer menjadi unit yang lebih ringkas. 

SEO (Search Engine Optimization)
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...