SEO (Search Engine Optimization)

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 7.5.11

SEO, Fungsi dan cara kerja

Webmaster atau orang yang mengelola sebuah situs, pada akhirnya akan tertarik untuk belajar tentang SEO, dan ini memang merupakan kebutuhan penting bagi sebuah situs menjadi terkenal karena akan mudah ditemukan oleh banyak pengunjung yang tersebar di seluruh planet bumi.
Search Engine Optimization atau yang disingkat SEO, adalah serangkaian proses yang bekerja secara sistematis dalam rangka untuk meningkatkan volume dan kualitas lalu lintas melalui mesin pencari untuk menuju website atau situs tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan SEO adalah menempatkan website pada posisi atas, atau setidaknya halaman pertama pencarian hasil berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Logikanya, website yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian akan memiliki lebih baik kesempatan untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Sejalan dengan pertumbuhan pemanfaatan Jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan untuk SEO juga meningkat. Di posisi teratas dari hasil pencarian akan meningkatkan peluang pemasaran bagi perusahaan yang berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimasi mesin pencari atau SEO untuk perusahaan yang memiliki dasar usaha di internet.

Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan (mantan reporter LA Times yang mendirikan sebuah situs Search Engine Watch yang selalu aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari), istilah untuk optimasi mesin pencari atau SEO, pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada waktu itu algoritma mesin pencari tidak terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi oleh berbagai pihak.

Versi awal algoritma mesin pencari didasarkan sepenuhnya pada informasi yang diberikan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terdapat pada halaman web dengan serangkaian kata kunci. Sebagian webmaster  banyak yang melakukan manipulasi dengan menulis kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs sebenarnya, sehingga mesin pencari dapat menemukan pada peringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menyebabkan kerugian di pihak mesin pencari dan juga para pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi masalah ini dengan membangun BackRub, yaitu mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematis untuk peringkat halaman web. Algoritma ini disebut PageRank. Fungsi matematis yang kompleks adalah kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah ke sebuah halaman web dengan analisis kualitas masing-masing link.

Berdasarkan prinsip PageRank, secara umum dapat dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak terkait dengan halaman web lainnya. Nilai PageRank juga akan lebih tinggi jika halaman web yang terhubung ke dia juga memiliki kualitas tinggi. Nilai link akan membuat situs berkualitas tinggi seperti DMOZ dan Yahoo! atau akan memiliki nilai lebih tinggi dari nilai gabungan seratus link dari situs web yang berkualitas rendah.

BackRub merupakan sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google, yang merupakan versi lanjutan dari BackRub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas, tidak dimanipulasi, cepat dan relevan. PageRank kemudian menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi para webmaster yang berusaha untuk memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga memiliki posisi tertinggi pada hasil pencarian ke situs mereka.

Webmaster dan Mesin pencari

Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa webmaster atau pengelola website terus melakukan segala cara untuk dapat diindeks di bagian atas dari hasil pencarian, termasuk cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, Salah satu generasi pertama dari mesin pencari, membuat perbaikan dalam algoritma mereka untuk mencegah tindakan manipulasi dari "Meta tag" yang tidak relevan.

Namun mesin pencari juga menyadari dalam beberapa hal tentang nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian dan mereka juga terkadang memiliki kepentingan dengan kegiatan para perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada acara yang diadakan secara rutin oleh komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! telah menyediakan program serta panduan yang memungkinkan para webmaster dapat mengoptimalkan situs mereka untuk bisa terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool dan memperkenalkan standar sitemap berbasis XML, sedangkan Yahoo Site Explorer menyediakan sebuah program yang memungkinkan webmaster dapat mendaftarkan URL situs mereka, untuk mengecek jumlah halaman web mereka yang telah diindeks dalam informasi data berdasarkan Yahoo! dan melihat link yang masuk.

Namun, mesin pencari tidak akan mentolerir metode SEO yang bekerja manipulatif yang selalu menghalalkan segala cara apapun. Para mesin pencari melakukan tindakan tegas dengan menonaktifkan akun-akun tertentu yang terkait dalam program-program mereka jika menemukan website yang terlibat dalam penggunaan PageRank yang manipulatif dan ilegal.

Sejarah Internet
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...