Pedoman Sukses Dengan Google Adsense

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 15.11.12

Saya bekerja sebagai publisher google adsense sejak tahun 2003 dimana google adsense pertama kali didirikan. Pada bulan-bulan awal saya tidak  pernah mendapatkan hasil sama sekali. Kemudian beberapa bulan berikutnya saya mendapatkan earning adsense saya cair sebesar 20 dollar dengan ekstra kerja keras.

Namun saya tetap berusaha untuk sukses, lalu saya membuat tiga blog agar iklan bekerja optimal. Akhirnya 3 blog saya bisa mendapatkan trafik 30.000 visitor unik setiap hari dari artikel tulisan tangan saya sendiri. Sejak 2008 saya mendapatkan $7000/monthly (Rp70juta/bulan) dari adsense. Hasil dari 3 buah blog saya. 

Saya hanya update rutin seminggu sekali atau seminggu dua kali dan iklan bekerja untuk saya, sementara saya menikmati berbaring dibawah sinar matahari di pantai. Saya perkirakan tahun depan 3 blog saya akan menghasilkan $10.000/monthly (Rp100juta/bulan) dari adsense.

Salam blogger, salam Publisher dan Salam sahabat buat teman2 semua. Tulisan diatas adalah saya kutip dari sebuah blog sukses di luar negeri milik seorang cewek asal Amerika Serikat. Saya pertama kali tahu adsense dari blog ini. Dia mengajarkan adsense kepada saya dengan sabar melalui facebook.

Setiap hari dia mendapatkan ratusan email dari para publisher manca negara untuk dimintai saran. Namun ada saja seseorang yang berniat ingin menghancurkan jerih payahnya melalui booming klik, pencurian kode iklan, dsb, sehingga akun adsensenya dibanned secara otomatis. Namun google mengaktifkan lagi akun adsense miliknya oleh kejujuran yang dimiliki cewek ini dalam bekerja sebagai publisher, setelah dia menghubungi google dan mengatakan kejadian yang sesungguhnya. Kini akun adsensenya telah diberi tanda khusus oleh google.

Saat ini dia mendapatkan penghasilan jauh lebih besar dari sebelumnya dan menarik perhatian google. Dia sering ditelfon oleh team google adsense untuk dimintai kiat dan saran tentang tips sukses adsense melalui video youtube.

Cara inilah yang saya tiru dan saya gunakan untuk mengaktifkan akun adsense saya ketikah dibanned selama dua hari pada bebeapa waktu yang lalu. Yaitu kejujuran. Google melindungi publisher yang jujur dari gannguan apapun, walaupun blog kita sederhana dan gratisan. Google memiliki team pakar yang bisa membedakan siapa yang benar dan siapa yang salah. Dengan dilandasi Bismillah, janganlah gentar dan ragu dalam menentukan setiap langkah selama kita berada di jalan yang benar.

Bagaimana dengan publisher Indonesia? Diam-diam ternyata banyak publisher Indonesia yang lebih hebat dari mereka. Ternyata tidak sedikit publisher Indonesia yang memiliki blog pribadi dengan penghasilan Rp.50-100 juta perbulan dari adsense, bahkan lebih. Hal ini saya ketahui berdasarkan hitungan trafik yang mereka miliki. Sebuah blog bahasa inggris bertrafik tinggi dengan lebih dari 1juta artikel ternyata milik abg dari Indonesia.

Usut punya usut, ternyata banyak sekali blogger Indonesia yang seperti ini, dan saya ternyata ketinggalan jauh dari mereka. Hanya dalam waktu dua tahun sebuah blog bisa sukses lepas landas. Namun sebelumnya mereka telah bekerja keras yang menguras tenaga, pikiran dan materi. Dan bahkan sebelumnya mereka hanya capek kerja bakti saja tidak pernah mendapatkan hasil.

Kenapa mereka tidak pernah memberitahukan kesuksesannya kepada para pembaca di blog?

Mereka beralasan, tidak pernah mempublikasikan penghasilan karena untuk menghindari gangguan dari seseorang yang iri dengan kesuksesan orang lain. Dan itu memang benar dan wajar di kalangan bangsa kita. Kita semua tahu, mulai dari pejabat tinggi hinga rakyat jelata saling tendang menendang, maka kita harus bisa memutuskan jalan terbaik dalam menyikapi kondisi dan situasi bangsa kita yang seperti ini.

Saya sendiri dua tahun menjadi publisher belum pernah merasakan seperti itu, namun berapapun rejeki yang saya terima sangat saya syukuri. Tapi maklum karena memang saya terfokus di dunia offline bekerja sebagai kuli TKI. Sedangkan ngeblog saat ini masih sebagai kegiatan sampingan saja, disela-sela waktu senggang saya bisa update. Semoga para publisher bangsa saya jangan sampai ketinggalan dengan para publisher luar negeri dalam hal kesuksesan. Dan hal itu merupakan kebanggaan bagi kita semua.

Sukses dengan jutaan dollar dari AdSense? Mungkin Anda Orangnya

Pedoman Mendaftar Adsense
Ini hanya sebagai pengingat saja. Blog yang kita gunakan untuk mendaftar google adsense tidak sama dengan blog-blog kita lainnya yang akan kita gunakan untuk menayangkan iklan adsense nantinya. Karena banyak teman-teman kita yang beranggapan keliru.

Ada beberapa pertanyaan teman-teman, "Kenapa ada sebuah blog yang asal-asalan dan banyak pelanggaran, tapi kok ada iklan adsensenya?. "Kenapa ada blog yang memuat materi berhak cipta tapi kok ada iklan adsensenya?". "Kenapa kok mereka bisa diterima adsense?"

Kenapa hal itu bisa terjadi? Blog yang kita gunakan mendaftar adsense hanya satu, dan harus benar-benar mentaati kebijakan program google adsense. Jika telah diapprove nanti, kita bisa menampilkan iklan adsense di blog-blog kita yang lain tanpa meminta persetujuan dari google. Dan blog-blog yang lain tersebut biasanya kurang mematuhi, terdapat sedikit pelanggaran, bahkan banyak terdapat pelanggaran kebijakan program. Jika anda mencontoh blog-blog seperti ini untuk mendaftar adsense, maka anda tidak akan diterima.

Banyak teman-teman kita yang berpedoman seperti diatas itu. Mencontoh blog lain yang ada iklan adsensenya untuk mendaftar adsense, padahal blog-blog yang dicontoh tersebut tidak pernah didaftarkan ke google adsense. Pemilik blog tersebut memasang iklan adsense dari akun miliknya yang didapat dari mendaftar ke google adsense dengan blog lain yang benar-benar mematuhi pedoman mendaftar adsense.

Oleh karena itu bagi teman-teman calon publisher yang masih berpedoman seperti itu agar mengetahui bahwa itulah salah satu penyebab pendaftaran anda selalu ditolak. Dan hal itu memang wajar, karena saya sendiri dulunya juga berpedoman seperti itu.

Kebijakan Program Google Adsense
Semua publisher sudah paham dan hafal benar dengan kebijakan program adsense. Namun masih saja banyak yang dibanned, padahal mereka merasa tidak melanggar dan merasa telah mematuhi kebijakan program.

Kenapa ini bisa terjadi?
Karena banyak publisher yang tidak membaca kebijakan program adsense secara rutin. Perlu kita ketahui bahwa kebijakan program adsense selalu diupdate. Kebijakan penempatan iklan, pedoman mutu webmaster, pedoman mutu laman landas, dan sebagainya selalu diupdate setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan. Bahkan Peta Panas di halaman adsense bantuan juga telah mengalami beberapa kali perubahan, namun banyak publisher yang tidak tahu.

Artikel yang tadinya tidak melanggar akhirnya sekarang melanggar kebijakan program, akhirnya situs dibanned. Akun adsense dibaned. Hal ini paling sering terjadi. Publisher hanya bingung mengapa situs atau akun adsensenya dibanned, sementara mereka merasa tidak melanggar. Karena mereka tidak up to date terhadap kebijakan program dkk.

Jika anda serius ingin bekerja dengan google adsense, anda juga harus serius mematuhi dan mengikuti perubahan yang terjadi di semua persyaratan dan ketentuan serta kebijakan program adsense. Jangan hanya terfokus pada optimasi earning saja walaupun hal itu sangat menggairahkan, namun sisihkan waktu untuk melihat perubahan yang terjadi jika ingin akun adsense anda tetap bernafas.

Pedoman Menjadi Publisher Adsense
Menjadi publisher tidak mudah. Jika anda gagal mematuhi kebijakan program, situs yang anda bangun dengan susah payah akan dibanned. Dan bahkan akun adsense anda juga akan dibanned.

Jangan meniru situs-situs besar yang banyak terdapat artikel melanggar kebijakan program adsense jika kita tidak tahu penyebab kenapa mereka berani melakukan itu. Misalnya, beberapa situs besar menampilkan konten dewasa, khususnya untuk kategori kesehatan/wanita/suami istri, dsb.

Konten-konten tersebut akan ditandai sebagai konten terlarang dan iklan google tidak akan muncul. Selain itu konten kecelakaan, peperangan, kekerasan dan sebagainya akan ditandai sebagai konten sensitif.  Maka iklan google tidak akan muncul, tetapi iklan adsense akan muncul dikonten lainnya yang tidak melanggar. Jika hal ini terlalu sering, maka situs atau akun adsense akan dibanned.

Kenapa akun adsense milik situs besar banyak melanggar Tapi kok tidak dibanned?

Hal ini perlu kita ketahui. Ada beberapa situs besar yang dikecualikan dari kebijakan program google adsense. Anda jangan ikut-ikutan meniru konten seperti itu. Mereka memiliki ijin khusus secara tertulis dari google untuk menampilkan kode adsense di situs-situs seperti itu.

Seperti penjelasan resmi google yang tertulis di kebijakan program adsense;

Sesuai dengan Persyaratan dan Ketentuan online kami, Anda bertanggung jawab untuk selalu mengikuti perkembangan dan mematuhi kebijakan yang diposkan di sini. Pengecualian terhadap kebijakan tersebut hanya diizinkan setelah ada persetujuan dari Google.

Jika anda memiliki ijin khusus secara tertulis dari google, silakan saja menirukan situs-situs besar tersebut. Anda juga bisa mendapatkan ijin khusus dari google jika anda memiliki website bertrafik tinggi. Caranya, anda harus menghubungi google untuk mendapatkan review khusus. Jika aplikasi anda disetujui, maka anda akan mendapatkan ijin khusus dan dikecualikan dari kebijakan program, namun tentunya anda akan diberikan kebijakan khusus.

Adsense Premium
Sejauh yang saya ketahui, adsense premium adalah status khusus yang diberikan oleh google kepada publisher adsense yang memiliki kelebihan khusus. Publisher mungkin akan diundang jika memenuhi kriteria dan layak untuk diikutkan ke dalam member publisher adsense premium. Yaitu;

- Blog anda setiap bulannya memilliki minimal 5 juta permintaan pencarian di mesin pencari (google search), atau
- Blog anda memiliki 20 juta pageview perbulan

Sesuatu yang tidak mudah. Namun ada saja publisher yang bisa seperti ini. Anda juga akan diberi beberapa unit iklan khusus yang ingin anda tambahkan di situs anda jika mau. Iklan khusus ini disebut iklan adsense premier atau adsense premium. Unit iklan ini menampilkan jumlah iklan yang lebih banyak dan lebih lebar daripada unit iklan milik publisher adsense biasa.

Mungkin anda pernah melihat unit iiklan adsense yang berbeda dengan iklan adsense biasanya. Itulah iklan adsense premium. Publisher adsense premium bisa mendapatkan earning minimal di atas 10 milyar rupiah perbulan.

Apakah ada publisher Indonesia yang mendapat undangan adsense premium? Saya tidak tahu. Semoga Anda orangnya.

Kerjasama Dengan Pihak Ketiga
Google mengijinkan anda bekerjasama dengan pihak ketiga. Misalnya, anda menitipkan unit iklan adsense untuk ditampilkan disitus web milik orang lain yang bertrafik tinggi dengan hitungan bagi hasil dengan si pemilik situs tersebut. Anda akan mendapatkan earning dari klik dan tayangan. Namun anda bertanggung jawab terhadap pelanggaran yang terjadi di situs tersebut. Jadi anda juga harus selalu mengawasi situs tersebut dari kemungkinan melanggar kebijakan program.

Jika google menemukan pelanggaran kebijakan program di situs pihak ketiga tersebut, maka pemilik akun adsense yang terkait di situs tersebut akan dihubungi agar segera melepas unit iklan dari laman yang melanggar disitus tersebut.

Cara ini sering dilakukan oleh beberapa publisher. Biasanya dengan hitungan bagi hasil 20:80. Misalnya jika sebulan dapat earning Rp.100juta, maka pemilik akun adsense akan mendapat bagian 20% atau Rp.20juta. Sedangkan pemilik situs yang dititipi akan mendapat bagian 80%, yaitu Rp.80juta. Namun jika bekerjasama seperti ini, maka keduanya harus benar-benar saling percaya dan benar-benar bisa dipercaya.

Kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Segala sesuatu yang tadinya sulit akan menjadi mudah jika kita sudah tahu caranya. Saat ini, tidak sedikit publisher Indonesia yang berpenghasilan Rp50-100juta perbulan dari Adsense. Semoga Anda salah satu di antara mereka. Kalau tidak sekarang, mungkin nanti.

**********

Sekian dulu coretan ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Salam Damai Blogger Indonesia.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...