Harbour Mobile Crane Terbesar di Indonesia

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 9.10.12

Harbour mobile crane (HMC) adalah sebuah jenis alat berat yang terdiri dari kerangka bahu (boom) dilengkapi tali penarik (wayroof) dan digerakkan oleh mesin di atas roda ban yang bisa berpindah-pindah di sekitar area pelabuhan.

Mobile crane terbesar di Indonesia saat ini adalah type Liebherr LHM420 yang bertugas di pelabuhan untuk operasi pembongkaran kapal barang seperti kontener dan barang curah atau kargo lainnya. Crane raksasa ini berdiri di atas 64 roda yang masing-masing roda bisa berputar lebih dari 180 derajat.

Alat berat gila ini memiliki kapasitas angkat lebih dari 115 ton dengan jangkauan sekitar radius 40 meter dari ruangan kabin operator, ini untuk crane type standar seperti LHM400. Mampu bekerja 24 jam tanpa berhenti dalam segala cuaca.

Liebherr LHM400. Kabin operator terletak 25 m di atas tanah
HMC Liebherr LHM400 pertama kali tiba di Indonesia sebanyak 2 unit pada tahun 2004 di pelabuhan Berlian Timur, Tanjung Perak, Surabaya, kemudian disusul beberapa unit-unit baru lainnya. Alat berat super power ini didatangkan dari Austria oleh PT. AKR Corporindo Tbk (AKR). AKR merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi muatan kapal laut (EMKL) berskala internasional berkantor pusat di Jakarta yang bekerjasama dengan PT. BJTI (Berlian Jasa Terminal Indonesia) selaku operator dermaga di Terminal Berlian, Tanjung Perak.

Untuk mengoperasikan crane raksasa ini diperlukan operator yang handal dan terlatih, walaupun alat berat ini telah dilengkapi sistem keamanan (safety) yang tinggi untuk operasi tugas berat.

Sebelumnya di Indonesia juga sudah ada harbour mobile crane jenis lain yang juga canggih, yaitu Gottwald HMK280. Crane ini memiliki kapasitas sama dengan HMC, hanya saja kedua alat berat ini berbeda dalam sistem teknik sehingga ada perbedaan dalam produksi. Liebherr LHM420 memiliki kecepatan membongkar kontener sebanyak 23 box perjam.

Tiga unit LHM420 yang sedang bekerja mampu memenuhi semangkok lapangan depo dengan tumpukan kontener setinggi gedung bertingkat hanya dalam waktu sehari. Selain itu satu unit LHM420 bisa mengangkat sepotong kereta api dari atas kapal hanya dalam waktu satu menit.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...