Apa Bedanya Bekerja Dan Mencari Uang?

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 15.9.12

Perbedaan antara "bekerja" dan "mencari uang' hanya terletak pada tujuan akhir saja, namun realisasi atau pelaksanaannya bisa saja sama, yaitu sama-sama berusaha dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Kedua istilah ini memiliki definisi berbeda, namun dalam beberapa hal memiliki kesamaan tergantung dari peristiwa yang sedang dialami.

Bekerja belum tentu mencari uang, tapi mencari uang pasti memerlukan bekerja. Berikut ini adalah definisi menurut saya sendiri tentang kedua istilah tersebut.

Bekerja adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh manusia, hewan, alam dan sistem, yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. Misalnya, manusia bekerja secara non komersial. Binatang bekerja untuk membuat sarang. Sistem pada mesin bekerja dengan sempurna. Alam telah bekerja dengan baik bagi kelangsungan ekosistem. Hal-hal tersebut merupakan contoh bahwa bekerja belum tentu mencari uang dan yang melakukan bekerja bukan hanya manusia saja.

Mencari uang adalah sebuah tindakan yang hanya dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Cara untuk mencari uang adalah dengan melakukan bekerja, tidak ada cara lain. Secara rasional, uang hanya didapat dari bekerja.

Misalnya, bekerja sebagai pengusaha, bekerja sebagai pedagang, bekerja sebagai pegawai atau karyawan. Dengan bekerja seperti itu maka manusia akan mendapatkan uang. Ini merupakan bukti bahwa mencari uang hanya bisa dilakukan dengan bekerja dan yang mencari uang hanya manusia.

Oleh karena itu, mencari uang pasti harus bekerja, namun bekerja belum tentu mencari uang. Perbedaan kedua istilah tersebut hanya terletak pada tujuan akhir saja walaupun pelaksanaannya bisa saja sama.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...