Keangkeran Laut Selatan Pulau Jawa

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 16.5.12

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa yang paling sering disebut dengan "segoro kidul" atau "laut kidul" adalah tempat paling angker nomor satu di Pulau Jawa. Pantai ini sering diceritakan bahwa terdapat kerajaan makhluk halus atau bangsa jin yang dipimpin oleh Kanjeng Ratu Kidul dengan seorang patih bernama Nyai Roro Kidul.

Basis tempat angker di dipercaya berada di pantai Parangkusumo Jawa Tengah yang merupakan tempat labuhan Keraton Yogyakarta, tempat ini dipercaya sebagai pintu gerbang gaib antara Keraton Yogyakarta dengan Keraton Laut Kidul, selain Pantai Parangtritis dan Gua Langse yang merupakan tempat pertapaan.

Konon Kanjeng Ratu Kidul berasal dari putri seorang raja di tanah Jawa pada jaman dahulu dan setelah meninggal dunia menjadi ratu di kerajaan makhluk halus yang berada di dasar laut selatan pulau Jawa. Kanjeng Ratu Kidul memiliki seorang putri bernama Nyai Blorong yang berwujud seekor ular naga. Kekuasaan kanjeng ratu kidul dipercaya meliputi seluruh wilayah perairan laut Jawa dan hingga kerajaan-kerajaan siluman yang berada di atas tanah Jawa juga berada dalam kekuasaannya.


Salah satu tempat di Jawa Timur yang dipakai untuk mengadakan upacara adat untuk memberikan persembahan kepada penguasa pantai selatan adalah pantai ngliyep yang terletak di Malang Selatan. Di pantai ngliyep pada setiap tanggal 1 bulan maulud diadakan upacara persembahan yang dinamakan "labuh" dan sudah ramai pengunjung selama kurang lebih satu bulan sebelumnya.

Pantai selatan Pulau Jawa memiliki ombak yang sangat besar dan sering menelan korban jiwa. Menurut penglihatan mata telanjang, para korban terseret ke laut setelah diterjang ombak besar yang menyapu pantai. Namun menurut pandangan para spiritualis atau paranormal Jawa, para korban tersebut dijemput oleh rombongan pasukan berkuda pengawal Kanjeng Ratu Kidul yang datang dari kerajaan pantai selatan.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...