Belajar Menulis Artikel Inggris Tanpa Google Translate

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 19.3.12

Halo teman-teman... Pernahkah anda menulis artikel bahasa Inggris dengan menggunakan translate? Kalau pernah, berarti sama dong, dengan saya :) Marilah kita belajar kreatif menulis artikel bahasa Inggris orisinil dengan tangan sendiri tanpa menggunakan google translate.

Orang yang tidak bisa berbahasa Inggris akan sangat kesulitan jika sedang menulis artikel bahasa Inggris, contohnya saya. Padahal, menulis artikel berbahasa Inggris suatu saat akan diperlukan oleh seorang blogger. Oleh karena itu marilah kita mulai dari sekarang belajar menulis artikel berbahasa Inggris. Pertama kita belajar dengan menggunakan translate, kemudian kita kurangi pemakaian translate, selanjutnya kita tinggalkan google translate.

Sudah jelas bahwa menulis artikel berbahasa Inggris yang paling baik adalah tanpa menggunakan google transale atau world translator, karena gaya bahasa Inggris dengan gaya bahasa Indonesia banyak sekali perbedaan. Misalnya, bahasa Indonesia menggunakan sistem DM, atau Diterangkan Menerangkan, sedangkan bahasa Inggris menggunakan sistem MD atau Menerangkan Diterangkan.

Sedangkan google translate tidak menerjemahkan tentang gaya bahasa dan sistem bahasa tersebut, melainkan hanya menerjemahkan berdasarkan kosa kata yang anda tulis saja. Jadi jika anda hendak menulis artikel bahasa Inggris dengan menggunakan translate, maka anda harus memperhatikan bahwa sistem bahasa tersebut sudah benar apa belum. Karena jika asal mentranslate saja tapi anda tidak memperhatikan perbedaan sistem bahasa, maka artinya akan menjadi terbalik, atau menjadi lucu. Akhirnya orang Inggris beneran yang membaca tulisan anda akan tersenyum atau tertawa :)

Cara belajar menulis artikel bahasa Inggris yang benar adalah, anda harus membaca artikel bahasa Inggris yang asli duluan, misalnya anda membaca artikel bahasa Inggris milik google. Kemudian artikel tersebut anda translate menjadi bahasa Indonesia, setelah itu silakan anda lihat bagaimana gaya bahasa yang mereka pakai.

Oleh karena itu kita jika sedang menulis artikel bahasa Inggris, maka kita harus menggunakan gaya bahasa Inggris seperti mereka agar artinya akan sesuai dengan gaya bahasa Inggris yang benar. Termasuk pemakaian tanda simbul seperti titik koma, huruf besar dan kecil, itu harus kita tirukan juga karena pemakaian simbul akan memberikan arti yang berbeda setelah kita translate. Dan menulis artikel dengan menggunakan translate juga memerlukan pengalaman yang cukup, caranya anda sering membaca artikel Inggris dan kemudian mentranslatenya ke bahasa Indonesia.

Semakin sering anda menulis menggunakan translate, maka lama-lama anda akan bisa berbahasa Inggris juga tanpa sengaja. Karena google translate itu sebenarnya adalah guru bahasa Inggris yang jujur dan lugu, dia mampu menjawab pertanyaan apapun tentang terjemahan atau arti dari puluhan bahasa yang ada di dunia, dan dia tidak bisa lupa serta tidak bisa bohong. Terkadang dia akan mengingatkan jika kita salah dalam menulis teks  atau kosa kata. Jadi menulis bahasa Inggris dengan menggunakan google translate sebenarnya sama dengan kursus bahasa Inggris gratis. Hanya saja kita perlu mengedit beberapa yang kurang pas agar bisa sesuai dengan gaya bahasa Inggris yang benar.

Akan tetapi, menulis dengan menggunakan google translate ada batas waktunya. Artinya anda jangan terus menerus menggunakan translate. Cobalah menulis langsung tanpa memakai google translate, jika lupa sedikit anda boleh memakai translate. Maka jika anda mulai berusaha meninggalkan google translate secara bertahap, maka tidak lama lagi anda akan bisa menulis bahasa Inggris beneran tanpa menggunakan translate.

Selanjutnya anda membaca artikel bahasa Inggris yang asli, maka anda akan mengerti artinya karena anda sudah terbiasa tidak memakai google translate. Dan jika anda tidak ada keinginan untuk belajar menulis tanpa menggunakan google translate , maka anda selamanya akan terus bergantung pada google translate. Dan menulis artikel  bahasa Inggris akan menjadi sebuah pekerjaan berat.

Namun jika anda sudah terbiasa menulis artikel bahasa Inggris tanpa memakai google translate, maka hal itu akan menjadi sebuah hobby yang sangat menyenangkan, dan hanya sesekali saja kita memerlukan bantuan translate.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...