Rusa Thomson

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 7.11.11


Warkop Aremania - Seperti apakah rusa Thomson itu? Rusa Thomson juga disebut Gazelle, yaitu hewan mirip kijang atau antelop ukuran menengah yang ditemukan di Afrika dan di Asia timur jauh seperti Mongolia. Ada 19 spesies yang berbeda dari gazelle.

Rusa Thomson adalah jenis Mamalia (binatang menyusui), status Herbivora (pemakan tumbuhan), rentang hidup mereka rata-rata di alam bebas 10 sampai 12 Tahun. Tinggi di bahu 20 sampai 43 inchi (51-109 cm), berat 26-165 lbs (12-75 kg).

Antelop ini hidup dalam kelompok atau kawanan rusa, yang terdiri dari sedikitnya sepuluh hingga ratusan ekor. Selama musim hujan berlimpah, ribuan hewan ini dapat dilihat berkumpul dalam kelompok besar di padang rumput.

Gazelle biasanya sering berada di dataran luas dan terbuka, di mana mereka menikmati rumput, tunas, dan daun. Selain mampu berlari dengan kecepatan tinggi, rusa ini juga menggunakan lompatan lincah yang disebut "stotting" atau "pronking," untuk menghindari predator.

Dataran terbuka membuat mereka terlihat oleh predator seperti cheetah atau anjing liar, tapi rusa ini adalah pasukan infanteri atau pejalan kaki. Para rusa Thomson ini dapat berlari mencapai kecepatan 40 mil (64 kilometer) per jam.

Beberapa spesies rusa padang rumput biasanya menghindari pemandangan pegunungan atau gurun. Selama musim kemarau, mereka pergi ke hutan semak-semak di Afrika untuk mencari air.

Rusa Thomson adalah hewan gesit dan indah, dengan berbagai garis-garis dan warna cokelat pada punggung dan warna putih di bagian perut hingga kaki. Mereka juga membanggakan, tanduk mereka mengesankan bercincin. Atribut ini membuat rusa Thomson menarik untuk dijadikan sebagai hewan buruan.

Setelah kehamilan sekitar enam bulan, rusa betina melahirkan satu atau dua anak dan menyembunyikan mereka di dataran padang rumput. Bayi ini akan tetap terlihat lemah selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu yang dirawat secara berkala oleh induk mereka, sampai mereka cukup umur untuk bergabung dengan kawanan induknya atau kawanan para herbivora lainnya.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...