Aardvark, Hewan Cantik Pemakan Rayap

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 7.11.11


Warkop Aremania - Tahukah anda, apa itu Aardvark? Hewan cantik yang hidup di seluruh Afrika, selatan Sahara. Aardvark menggunakan penciuman yang tajam mereka untuk mengendus makanan favorit mereka, yaitu rayap. Nama mereka berasal dari bahasa Afrika Selatan yang berarti "babi bumi." Sekilas dari tubuh aardvark dan moncong panjang memberikan penampilan seperti babi. Pada pemeriksaan lebih dekat, aardvark menyerupai hewan lain juga, yaitu menampilkan telinga seperti kelinci dan ekor seperti kanguru.

Aardvark adalah jenis binatang menyusui (Mamalia), status Omnivora (pemakan daging dan tumbuhan), rentang hidup rata-rata di penangkaran 23 tahun. Panjang kepala dan tubuh 43-53 inchi (109-135 cm), panjang ekor 21-26 inchi (53-66 cm), berat badan 110-180 lbs (50-82 kg). Panjang lidah aardvark bisa sampai 12 inchi (30,5 cm) dan memiliki zat lengket untuk membantu mengekstrak rayap dari gundukan tanah.

Aardvark aktif di malam hari. Mereka bersembunyi untuk menghabiskan sore hari yang panas di Afrika dengan menggali liang bawah tanah yang dingin dengan kaki dan cakar yang kuat yang menyerupai sekop kecil. Setelah matahari terbenam, aardvark menyiapkan cakarnya untuk digunakan mencari makanan favorit mereka, rayap.

Aardvark juga disebut "antbears" mencari makan di padang rumput dan hutan yang memerlukan perjalanan beberapa mil dalam pencarian besar pada malam hari untuk menemukan gundukan tanah berisi rayap. Seekor aardvark yang lapar melakukan penggalian pada gundukan tanah yang keras dengan cakar depan, menggunakan lidah panjang dan lengket untuk menyantap serangga di dalam tanah. Hewan ini dapat menutup lubang hidungnya untuk menjaga debu dan serangga yang menyerang moncongnya, dan kulit tebal mereka melindunginya dari gigitan serangga. Hewan ini juga menggunakan teknik yang sama untuk menyerang sarang semut di bawah tanah.

Aardvark betina biasanya melahirkan bayi yang baru lahir satu tahun sekali. Anaknya akan tetap bersama induknya selama sekitar enam bulan sebelum berpisah dan menggali liang mereka sendiri di tempat tinggal baru yang luas pada lahan yang berbeda.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...