Khasiat Alang-alang (Imperata Cylindrica)

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 23.11.11


Nama latin :
Imperata Cylindrica (L) Beauv.Var.Mayor (Nees) C.EHubb.
Tanaman rumput alang-alang ini mudah dijumpai, hidup di daerah-daerah terbuka atau setengah tertutup. Misalnya rawa-rawa, daerah-daerah yang habis dibuka, tepi sungai, daerah bekas terbakar, di perladangan, taman dan perkebunan. Tumbuhan ini dapat mempengaruhi tanaman kultivasi lain, karena kebutuhan natrium yang relatif tinggi.

Kandungan:
Metabolit yang telah ditemukan pada akar alang-alang terdiri dari arundoin, fernenol, isoarborinol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, ß-sitosterol, skopoletin, skopolin, p-hidroksibenzaladehida, katekol, asam klorogenat, asam isoklorogenat, asam p-kumarat, asam neoklorogenat, asam asetat, asam oksalat, asam d-malat, asam sitrat, potassium (0,75% dari berat kering), sejumlah besar kalsium dan 5-hidroksitriptamin.

Dari hasil penelitian lain terhadap akar dan daun ditemukan 5 macam turunan flavonoid yaitu turunan 3′,4′,7-trihidroksi flavon, 2′,3′-dihidroksi kalkon dan 6-hidroksi flavanol. Suatu turunan flavonoid yang kemungkinan termasuk golongan flavon, flavonol tersubstitusi pada 3-0H, flavanon atau isoflavon terdapat pada fraksi ekstrak yang larut dalam etilasetat akar alang-alang. Pada fraksi ekstrak yang larut dalam air akar alang-alang ditemukan golongan senyawa flavon tanpa gugus OH bebas, flavon, flavonol tersubstitusi pada 3-0H, flavanon, atau isoflavon.

Khasiat :
Manfaat alang-alang dalam kesehatan banyak sekali, diantaranya adalah berkhasiat untuk meluruhkan air seni, pereda rasa nyeri, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Bagian yang digunakan untuk obat :
Akar atau rimpang

Cara pengobatan :
20-30 gram rimpang kering direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin disaring, diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...