Gili Trawangan - Pulau Sejuta Pesona di Lombok

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 23.10.11

Lombok, pulau eksotis di Nusa Tenggara Barat yang menjadi salah satu bukti keindahan panorama alam Nusantara. Tidak hanya laut dan pantai yang mempesona, kebudayaan dan adat istiadat yang masih dipertahankan masyarakatnya juga masih menarik.

Beberapa hari lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan bandara internasional Lombok. Namun hal itu tak serta merta meningkatkan potensi wisata di Lombok yang selama ini berada dibawah bayang-bayang pulau Bali. Padahal banyak sekali potensi wilayah maupun tradisi masyarakat setempat yang jadi tujuan utama bagi para wisatawan seluruh dunia.

Salah satunya adalah pulau atau Gili Trawangan yang sudah terkenal hingga mancanegara serta desa adat Sade yang layak untuk anda kunjungi. Dengan perahu motor perjalanan menuju Gili Trawangan hanya memakan waktu 20 menit dari Pelabuhan Bangsal.

Gili Trawangan adalah satu dari tiga pulau eksotis yang menjadi tujuan wisata di Lombok selain Gili Meno dan Gili Air. Keindahan pantai berpasir putih yang membentang dan panorama alam yang menakjubkan mampu menarik wisatawan untuk terus berdatangan. Selain berjemur di pantai, snorkling memang menjadi aktivitas utama para turis di tempat ini.

Puas menjelajahi pantai dan laut, wisatawan bisa mengenal lebih dekat masyarakat asli Lombok, yakni Suku Sasak di Desa Sade, yang masih kental mempertahankan tradisi mereka. Seperti rumah kayu beratap daun jerami, membuat kain tenun desa sade yang tersohor, dan yang paling unik tentu saja lantai rumah berlapis kotoran sapi.

Tak salah memang gerakan sadar wisata diterapkan di Desa Sade. Tujuannya satu menarik lebih banyak wisatawan dan memberdayakan penduduk setempat. Satu lagi destinasi wisata di Indonesia yang layak dikunjungi. Menikmati pesona alam Lombok sekaligus belajar nilai budaya.

Sumber: http://gayahidup.liputan6.com/read/359353/gili-trawangan-pulau-sejuta-pesona
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...