Kunci meraih sukses dengan Google AdSense

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 4.9.11

Hallo teman-teman.....
Apakah anda sudah sukses dalam program google adsense? Atau masih dalam pengembangan untuk mencari celah agar sukses di google adsense? Kalau belum sukses, berarti sama dong dengan saya..., hehehe....

Saya ini newbie dalam program google adsense, makanya saya terus mencari-cari agar bisa ikutan menikmati manisnya dollar dari google. Memang susah banget mendapatkan earning yang syah dari adsense, dan teman-teman yang sudah mengalaminya pasti tahu betapa sulitnya mendapatkan klik yang valid. Tapi kita tidak boleh putus asa, jadi langkah yang terbaik adalah terus mencoba dan mencoba dalam meningkatkan earning, dan setiap percobaan itu pasti ada hasilnyanya sendiri-sendiri.

Berikut ini saya ingin berbagi dari sedikit pengalaman yang saya dapatkan dari google setelah saya mendapat email dari google agar saya merubah semua unit iklan di blog bahasa inggris saya. Dan memang ada perubahan yang lumayan daripada sebelumnya, paling tidak setiap hari ada dolar yang masuk untuk blog ber-PR 0. Selain itu saya juga mempraktekkan strategi dari berbagai blog-blog sukses yang saya baca dari kisah sukses di google adsense selama enam bulan.

Penghasilan blog yang sukses
Di Amerika Serikat, blog yang sukses memiliki penghasilan rata-rata $2000/bulan untuk satu buah blog, dan mereka rata-rata memiliki tiga blog. Jadi total penghasilan adsense mereka rata-rata $6000/bulan, atau sekitar 60 juta rupiah/bulan. Dan uang segitu di Amerika tidak terlau besar.

Penyebab sukses
Penyebabnya adalah blog itu terus melakukan perubahan demi perubahan untuk mendatangkan trafik dan melakukan percobaan-percobaan untuk mengoptimalkan iklan adsense. Blog yang tidur atau tidak ada perubahan sama sekali, misalnya tidak pernah update, tidak akan bisa sukses di adsense. Disamping itu, umur blog juga sangat menentukan.

Blog yang sukses adalah blog yang jujur, tidak melakukan kecurangan-kecurangan seperti invalid klik dan mendorong klik, karena blog yang sukses akan langsung dipantau oleh google, darimana klik itu berasal. Tidak ada blog yang melakukan klik tidak syah kemudian sukses, melainkan menunggu waktu untuk dibanned.

Ciri-ciri blog yang sukses
Blog yang sukses adalah blog yang kaya konten, semakin banyak konten semakin tinggi peluang untuk sukses di adsense. Tidak ada blog yang sukses dengan sedikit konten. Semakin berkualitas dan menarik isi konten, akan semakin memungkinkan untuk sukses.

Jenis-jenis blog yang sukses
Blog yang sukses kebanyakan blog yang berkonten bahasa Inggris dan menggunakan domain tingkat atas, misalnya www.domainname.com yang menggunakan hosting berbayar, atau pun sub domain yang menggunakan hosting berbayar, dan rata-rata ber-PR3 - PR5.

Blog gratis seperti blogspot dan sebagainya jarang sekali sukses, kecuali mereka pandai-pandai dalam mengatur strategi untuk mendapatkan trafik, karena, bagaimanapun blog gratis tidak bisa menandingi trafik dari blog berbayar untuk ukuran blog yang setara, misalnya sama-sama PR 0 dan memiliki kualitas konten yang sama. Kenapa? Domain dengan hosting berbayar lebih mudah ditemukan oleh segala jenis search engine dalam waktu singkat, mudah ter-indeks dan mudah sekali untuk berada dihalaman paling atas hasil pencarian.

Akan tetapi jika anda bagus dalam mengoptimalkan blog gratis anda, bisa jadi blog gratis akan sanggup mengalahkan domain berbayar, karena blog gratis memiliki layanan hosting yang tidak terbatas atau unlimited, sehingga anda bisa memperbanyak konten sebanyak-banyaknya semau anda yang nantinya mampu menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya seperti di blog terselubung.blogspot itu, ibarat memancing ikan dengan memakai seribu kail atau seribu pancing, pasti banyak ikan yang nyantol pula.

Pengaturan warna dan penempatan iklan
Ini adalah hal penting yang sangat menentukan kesuksesan dan tidak boleh diremehkan, karena saya pernah mendapat saran dari google melalui gmail untuk merubah semua unit iklan di blog saya ketika selama tiga bulan pertama saya tidak mendapatkan earning gara-gara saya tidak tepat dalam menentukan warna iklan.

Ini merupakan hal yang perlu kita ketahui bagaimana google menilai iklan yang cocok untuk setiap jenis dan tema blog, dan saya percaya bahwa saran dari google memang benar. Setiap tema dari situs yang menggunakan desain blog atau website, ternyata memiliki teori pengaturan iklan yang berbeda-beda.

* Blog bertema Tutorial
Untuk blog atau website yang bertema tutorial atau pun yang membahas masalah teknik perblogingan, dimana pengunjung memerlukan keseriusan saat membaca isi konten, iklan yang cocok adalah iklan yang bagus dalam pengaturan warna. Yaitu warna link, teks dan latar belakang iklan harus selaras dengan area di sekitar konten. Ini saya temukan di sebuah blog sukses di Amerika.

Mereka menempatkan satu unit iklan teks yang hanya berisi satu atau dua teks iklan saja di tengah-tengah postingan, dan ini sering ter-klik oleh pengunjung, jangan menempatkan sederetan iklan yang banyak di area postingan, karena hanya akan menjadi tontonan pengunjung saja. Sedangkan dua unit lainnya di tempatkan disidebar, yaitu unit teks dan unit gambar.

* Blog bertema bacaan
Untuk blog atau website yang bertema bacaan, misalnya blog yang berkonten gado-gado, unik, religi, satwa liar, alam, atau bacaan-bacaan lain yang bersifat menambah wawasan luas, iklan yang cocok adalah iklan yang bagus dalam pengaturan warna juga, tetapi tidak boleh disamakan dengan iklan di blog yang berkonten tutorial.

Disini iklan yang tepat adalah iklan yang berwarna terang, dalam arti iklan harus berbeda dengan warna blog atau warna di sekitar blog, dimana perhatian pengunjung akan selalu tertuju ke iklan itu yang terus menerus, sehingga mudah untuk di klik oleh pengunjung yang penasaran. Anda boleh memasang dua unit iklan yang besar di area postingan, baik iklan gambar atau iklan teks. Jangan memasang iklan yang berwarna kusam karena akan terlihat tidak bonafit, dan pengunjung tidak akan tertarik.

Pemantauan kinerja iklan
Anda harus tahu, mana konten yang paling banyak di kunjungi dan mana unit iklan yang paling banyak mendapatkan klik. Ini bisa anda lihat dengan mengintegrasikan akun adsense anda dengan google analityc, di situ anda bisa membuat saluran url yang akan melaporkan kinerja adsense di tiap-tiap posting.

Di google analityc juga dilaporkan tentang posting-posting yang paling ramai di kunjungi, maka anda harus memperhatikan kinerja unit iklan yang sedang bertugas disitu. Google mempunyai pedoman dalam menghitung eCPM (Effective cost-per-thousand impressions) atau BPTe (Biaya efektif per seribu tayang), misalnya, jika anda mendapatkan sekitar $ 0.15 dari 25 tayangan halaman, maka BPTe halaman anda akan sama ($ 0,15 / 25) x 1000, atau $ 6,00. Ini juga bisa kita pakai sebagai pedoman kita juga dalam menghitung klik yang optimal di blog kita.

Jika sebuah posting ramai kunjungan, tetapi dalam 25 tayangan tidak ada klik sama sekali, berarti kita tidak tepat dalam pengaturan iklan, baik penempatan atau pengaturan warna. Bisa jadi suatu saat anda akan disibukkan untuk merubah semua unit iklan yang ada di blog, jika dinilai iklan itu tidak produktif.

Demikian pengamatan saya selama enam bulan dan telah saya praktekkan di beberapa blog saya, yang intinya kita dianjurkan untuk terus mencoba dan mencoba yang nantinya akan menghasilkan perubahan demi perubahan.

Tapi teman-teman jangan beranggapan bahwa saya telah sukses di adsense, ini hanya berbagi dari sedikit pengalaman saya untuk berbagi kepada teman-teman agar kita bersama-sama bisa merasakan manisnya dollar. Jadi saya juga belum sukses bro..... Kita saling berbagi aja jika menemukan tips-tips yang sekiranya bagus kita share di blog.

Terima kasih

Cara ampuh agar di approve oleh Google AdSense
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...