Anaconda, ular terbesar di dunia

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 27.5.11

Fakta tentang Anaconda

Siapa yang tidak tahu Anaconda? Raksasa ular yang kadang-kadang datang dalam mimpi buruk di tengah malam.

Anaconda adalah salah satu ular raksasa terbesar di dunia, dari jenis Eunectus Boas Nonvenomous. Juga dikenal sebagai boa air, yaitu ular raksasa yang pemakan daging, hidup di daerah rawa tropis yang hangat di daerah Amerika Selatan. Ular ini menghabiskan banyak waktu di perairan dangkal, mereka bersembunyi di dalam air agar tidak terlihat oleh mangsanya.

 
Mereka lahir antara 20 sampai 40 ekor ular bayi yang dilahirkan dalam satu waktu. Spesimen terbesar yang pernah diukur adalah 25 meter panjangnya dan berat £ 550. Laporan lainnya, hewan ini memiliki panjang 35-40 meter, tetapi tidak ada spesimen untuk ukuran ini seperti yang telah dimasukkan ke dalam museum dan laporan-laporan ini juga masih belum diverifikasi.

Spesies yang paling  terkenal adalah anaconda hijau, Eunectes murinus, terkenal sebagai salah satu ular terbesar di dunia. Anacondas Hijau dapat tumbuh lebih dari 5,21 m panjang dan berat 97,5 kg. Mereka ditemukan daerah Andes di Kolombia timur, Venezuela, Guianas, Ekuador, Peru, Bolivia, Brasil, dan di kepulauan Trinidad. 

Anaconda lainnya adalah anaconda kuning, Eunectes Notaeus, yaitu spesies yang lebih kecil yang ditemukan di Bolivia timur, selatan Brasil, Paraguay dan Argentina timur laut. Dan anaconda gelap, Eunectes deschauenseei, ini adalah spesies langka yang telah ditemukan di Brasil timur laut dan pesisir Guyana, Perancis.

Anaconda Bolivia, Eunectes Beniensis, ditemukan pada tahun 2002 di dataran banjir provinsi Pando, Bolivia. Ini adalah spesies anaconda pertama kali yang diidentifikasi sejak tahun 1936 dan menjadi satu-satunya jenis yang pertama kali diketahui dari keempat jenis reptil itu.

Mangsa dan Berburu


Anaconda adalah karnivora, pemakan daging. Keempat spesies ini adalah jenis ular air yang memangsa hewan air lainnya, diantaranya ikan, unggas sungai, babi, rusa, caiman (sejenis buaya), burung, binatang pengerat seperti capybara dan agouti, serta hewan-hewan lainnya. Beberapa anaconda terkadang memangsa hewan ternak seperti kambing dan kuda yang berani mendekat ke air.

Mereka sebagian besar berburu di malam hari, mereka aktif di malam hari. Anacondas membunuh dengan membelit dan meremas mangsanya hingga tidak bisa lagi bernapas. Kadang-kadang mereka membuat mangsanya tenggelam dalam air.

Seperti semua ular lainnya, mereka menelan seluruh mangsa, mulai dari kepala hingga ekor. Rahang anaconda bagian atas dan bawah melekat satu sama lain dengan ligamen melar, yang memungkinkan ular ini mampu menelan binatang yang lebih besar dari dirinya sendiri. Ular tidak mengunyah makanan, tetapi mereka mencernanya dengan asam II yang sangat kuat yang ada di dalam perut ular itu.

Setelah memangsa binatang besar, anaconda tidak membutuhkan makanan untuk waktu yang lama dan istirahat selama berminggu-minggu. Anak-anak anaconda yang masih muda yang disebut Neonatus dapat merawat diri mereka sendiri segera setelah lahir, termasuk berburu tetapi tidak berdaya melawan pemangsa besar. Mereka hanya makan tikus kecil, bayi burung, katak dan ikan kecil.


Sementara, pertemuan antara orang-orang dengan anacondas bisa berbahaya, mereka tidak berburu manusia, tetapi mereka mampu menelan seorang manusia hidup-hidup. Namun demikian, ancaman dari anaconda yang memangsa manusia adalah hanya cerita di komik, film dan cerita-cerita yang biasanya menceritakan petualangan liar di hutan Amazon.

Anaconda sangat menonjol dalam cerita rakyat Amerika Selatan, yang mana mereka kadang-kadang digambarkan dalam mitos sebagai makhluk yang dapat berubah bentuk yang disebut Encantados. Masyarakat setempat dan beberapa penjelajah dari Eropa telah mempopulerkan bahwa anacondas merupakan ular raksasa legendaris yang memiliki proporsi jauh lebih besar daripada spesimen yang sebenarnya. Anaconda telah mendapat gelar sebagai ular raksasa terbesar di dunia.

Originil source : Wikipedia + Another sources
Picture              : Google Images + Wikipedia + Another sources
Modified by       : Warkop Aremania

( ! )
Artikel sudah di modifikasi oleh Warkop Aremania, jika teman ingin menyalin silakan cantumkan  link   sumber asal dan sumber di bawah ini, terima kasih
<a href="http://malangnews.blogspot.com/2011/05/anaconda-ular-terbesar-di-dunia.html"> Warkop Aremania - Anaconda, ular terbesar di dunia</a>
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...