Indahnya Danau Tempe di Sulawesi

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 29.11.12

Danau Tempe adalah salah satu obyek wisata di Sulawesi  Selatan yangbanyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Danauyang luasnya 13.000 hektar ini, jika dilihat dari ketinggiantampak  bagaikan sebuah baskom raksasa. Danau ini menjadi sumberpenghidupan, mencari  ikan, tidak hanya bagi masyarakat KabupatenWajo, tapi juga sebagian masyarakat Kabupaten Soppeng dan Sidrap. Disepanjang tepi danau, tampak perkampungan  nelayan bernuansa Bugisberjejer menghadap ke arah danau.
Keistimewaan


Danau Tempe merupakan penghasil ikan air tawar  terbesar di dunia, karena dasar danau ini menyimpan banyak sumber makanan ikan. Selain itu, danau ini juga memiliki spesies ikan tawar yang tidak dapatditemui  di tempat lain. Hal ini diperkirakan karena letak danauini berada tepat di  atas lempengan Benua Australia  dan Asia.

Ditengah-tengah Danau Tempe, tampak ratusan rumah terapung milik nelayanyang berjejer dengan dihiasi bendera yang  berwarna-warni. Dariatas rumah terapung itu, wisatawan dapat menyaksikan terbit danterbenamnya matahari di satu posisi yang sama, serta menyaksikanberagam satwa burung, bunga-bungaan, dan rumput air yang terapung diatas permukaan air. Di malam hari, para pengunjung  dapatmenyaksikan indahnya rembulan yang menerangi Danau Tempe sambilmemancing  ikan.


Disetiap tanggal 23 Agustus diadakan festival laut  atau juga seringdisebut Maccera Tappareng (mensucikan danau) yang  ditandai denganpemotongan sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat. Dalam acaraini, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai atraksi wisata yangsangat menarik, seperti lomba perahu tradisional, perahu hias,permainan rakyat  (misalnya, lomba layangan), pemilihan ana? dara(gadis) dan kallolona (pemuda) Tanah Wajo, padendang (menabuh lesung), pagelaran musik  tradisional dan tari bissu yang dimainkan olehpara waria, dan berbagai  pagelaran tradisional lainnya.

Pelaksanaan festival ini dimaksudkan agar nuansa kekeluargaan danpersatuan antar sesama nelayan tetap terjaga dengan prinsip ?3-S?,yaitu Sipakatau, Sipakainge, dan Sipakalebbi (saling menyegani, salingmenasehati, dan saling menghargai). Dengan menyaksikan festival ini,para pengujung dapat mengetahui tentang kebudayaan masyarakat Bugis diSulawesi  Selatan, khususnya Bugis Wajo.


Lokasi Danau Tempe terletak di Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

Akses
Danau ini terletak 7 km dari Kota Sengkang, ibukota  Kabupaten Wajo.Untuk mencapai tempat ini, dari Kota Sengkang ke Sungai Walennae dapatditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan mobil pete-pete(mikrolet). Dari Sungai Walennae menuju ke Danau Tempe ditempuh selama30 menit  dengan menggunakan perahu motor atau katinting, denganbiaya sekitar Rp.  50.000,- hingga Rp. 75.000,- per-orang.

Sumber
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...