Cara Pasang Modem di Komputer Paling Benar

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 2.10.12

Saya menggunakan modem dan sering ganti-ganti operator jaringan tetapi sering bingung karena ternyata koneksi internet tidak mau tersambung setiap ganti operator jaringan yang berbeda. Bahkan operator jaringan yang sama pun juga tidak bisa terkoneksi setiap saya berganti nomor IP adress yang baru.

Namun setelah tau cara memasang modem dan cara setting modem, tidak pernah ada masalah lagi biarpun setiap isi ulang pra bayar selalu berganti-ganti operator jaringan.

Tetapi jika anda pertama kali menggunakan modem untuk koneksi internet anda, biasanya kita masih bingung karena internet tetap tidak mau tersambung alias tertulis tidak ada jaringan (no internet access), walaupun kita telah menginstal modem tersebut.

Jika anda mengalami masalah seperti itu, maka cobalah cara berikut ini. Sebelumnya pastikan modem belum terinstal. Jika telah terinstal coba di uninistal lagi dulu, lalu di restart dulu komputer anda dan ikuti petunjuk di bawah ini.

Cara menginstal modem yang benar;

1. Hidupkan komputer anda, lalu tancapkan modem yang telah berisi sim card di komputer anda.

2. Silakan modem tersebut di instal dengan mengikuti petunjuk cara instal yang muncul di situ sampai proses instalasi selesai, lalu cabut modem anda. Gunakan cara mencabut modem yang sesuai aturan mencabut modem, yaitu matikan dulu modem anda melalui Eject Media atau klik tanda X di modem.

3.Silakan komputer anda di restart tanpa modem, setelah komputer hidup normal tancapkan lagi modem anda. Setelah tampilan modem muncul di layar, klik connect. Selesai.

Catatan:
Biasanya koneksi internet akan langsung tersambung jika anda menggunakan modem yang sama dengan operator jaringan internet anda. Namun jika anda menggunakan modem yang berbeda merk, biasanya koneksi internet tidak bisa tersambung.

Agar koneksi internet bisa tersambung, ikuti petunjuk di bawah ini;

1. Buat profil baru. Caranya, klik tulisan Tools yang ada di tampilan modem di layar komputer, lalu klik Options yang muncul di situ.

2. Setelah muncul jendela kecil baru, klik Profil Management, lalu klik New. Tulislah nama profil sesuka anda.

3. Kemudian di bagian APN ada tulisan Dynamic dan Static. Pilih yang Static, lalu isi kolom kosong APN dibawahnya dengan tulisan action.operator jaringan.com

Tulisan merah itu silakan diganti dengan operator jaringan anda. Misalnya, saya ini menggunakan wataniya, jadi saya tulis action.wataniya.com

Jika anda menggunakan telkomsel, tulis action.telkomsel.com dan acces number biarkan *99#

Username dibawahnya tulislah action.telkomsel.com sama seperti APN di atas, lalu password dibawahnya biarkan kosong saja. Kemudian klik SAVE.

Selanjutnya jika anda ingin menyambungkan koneksi internet, silakan pilih profil yang anda buat tadi dan klik connect. Selesai.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...