Burung Prenjak Bisa Mendatangkan Tamu

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 11.5.12

SEKEDAR INFO - Burung prenjak memiliki peranan yang banyak dalam kehidupan di alam, misalnya, sebagai penyeimbang ekosistem, sebagai petugas pembersih ulat buah, sebagai burung piaraan, sebagai penyanyi alam, dan yang paling unik adalah burung prenjak bisa mendatangkan tamu. Benarkah?

Percaya atau tidak, hal ini telah menjadi dialek umum dalam masyarakat Jawa bahwa jika ada burung prenjak yang berkicau di depan rumah, di samping rumah, di belakang rumah, berarti melambangkan pemilik rumah tersebut akan kedatangan tamu. Jika tidak ada tamu yang datang, mungkin pemilik rumah tersebut akan mendapat rejeki, entah itu rejeki uang atau kabar gembira, pokoknya membawa kebaikan.


Jika pemilik rumah tersebut memang memelihara burung prenjak dan setiap hari berkicau terus, itu lain lagi bro. Burung prenjak yang bisa mendatangkan tamu adalah burung prenjak yang hidup liar.

Burung prenjak juga lazim disebut ciblek, cinenen, kacici dan sebutan lain. Burung ini adalah burung pengicau dengan suara riang yang bernada gembira. Mereka berkicau secara bersahut-sahutan dalam waktu yang bersamaan dengan pasangannya, sehingga jika didengar sekilas akan terdengar seperti suara satu ekor burung saja, padahal itu adalah suara dua ekor burung yang saling sahut menyahut.

Kicau betina berbeda dengan kicau jantan, dan jika kicau keduanya dipadukan, maka akan menghasilkan kicau yang sangat indah dan menambah suasana menjadi hingar bingar.

Hewan ini bersarang di pohon kecil yang rendah seperti pagar, semak belukar, tanaman depan rumah dengan sebuah sarang yang unik terbungkus daun segar. Namun populasi burung ini semakin lama semakin menurun akibat perburuan untuk diperjualbelikan sebagai binatang piaraan.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...