Apa resiko jika tanpa sengaja klik iklan adsense sendiri?

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 12.1.12

MENG-KLIK IKLAN ADSENSE SENDIRI BISA TERJADI PADA ANDA!!!

Banyak sekali akun google adsense yang dibanned gara-gara klik iklan sendiri tanpa sengaja. Ini biasanya disebabkan oleh beberapa masalah, misalnya koneksi internet yang lambat, mouse komputer yang sudah mulai usang, tidak menggunakan mouse ketika sedang memeriksa halaman blog, dan berbagai penyebab lain yang biasanya diremehkan oleh para publisher adsense.

Sahabatku semuanya...... Bulan lalu blog kita ini @Warkop Aremania dibanned oleh google adsense karena menayangkan iklan GA ke dalam bahasa yang tidak didukung dengan mengirimkan sebuah contoh halaman blog ini yang dianggap melanggar kebijakan program, yaitu halaman yang berbahasa Jawa, namun akun GA-nya tidak dibanned. Dan beberapa hari lalu saya melakukan kesalahan lagi dengan mengklik iklan sendiri tanpa sengaja di sebuah blog Inggris saya, dimana ketika koneksi internet saya sedang lambat saya mengklik sebuah url, namun setelah saya klik ternyata halaman tersebut bergerak naik dengan tiba-tiba sehingga saya mengklik iklan adsense saya sendiri yang berada dibawah url tersebut. Gubraak.... langsung muncul sebuah situs milik adword nampang didepan saya.

Betapa terkejutnya saya ketika tanpa sengaja mengklik iklan adsense saya sendiri, padahal hal ini paling ditakuti oleh semua publisher adsense di seluruh dunia. Akhirnya untuk mengobati keterkejutan saya, langsung aja saya baca sekalian isi dari iklan milik pengiklan tersebut dengan diiringi menarik nafas panjang sambil kepala cenut-cenut, xixixi...... Saya pasrahkan saja kepada yang Maha kuasa jika akun adsense saya dibanned oleh si mbah google, namanya aja tidak sengaja.

Namun kita harus mengambil langkah cepat agar tidak dibanned, saya langsung browsing di google bantuan untuk menemukan cara menanggulangi masalah klik tidak sengaja, dan hasilnya saya menemukan sebuah pernyataan google yang berbunyi:

"Saya mengeklik iklan saya secara tidak sengaja. Apakah tindakan ini akan menimbulkan masalah bagi akun?
Meskipun penayang tidak diizinkan untuk mengeklik iklannya sendiri dengan alasan apa pun, namun kami memahami bahwa klik tidak yang disengaja dapat terjadi. Karena itu, kami tidak mensyaratkan Anda untuk menghubungi kami setiap kali mengeklik iklan sendiri. Kami pastikan bahwa akun Anda menerima semua klik dan tayangan yang kami anggap valid dalam jumlah tepat".

Itu berarti google sudah memahami bahwa kita tidak sengaja mengklik iklan sendiri ketika kita sedang online di akun GA. Kemudian dibawahnya terdapat saran begini, "Jika anda menemukan kegiatan mencurigakan pada akun anda atau klik tidak valid, maka Beritahukan Kami Hasil Temuan Anda "

Langsung saja saya klik link tersebut diatas, dan saya diarahkan ke sebuah form yang menyediakan beberapa kolom yang harus diisi jika terjadi invalid klik pada akun GA. Setelah saya isi lengkap dengan bahasa inggris dan saya bumbui dengan doa, langsung saya submitkan ke google. Seketika mendapat jawaban otomatis yang kurang lebih bunyinya "Terimakasih atas laporan anda, yakinlah jika kami akan segera memeriksa apa yang terjadi pada akun anda, namun jika kami tidak menemukan sebuah pelanggaran yang membahayakan pengiklan, kami akan tetap membiarkan akun anda".

Sambil terus berdoa saya membuka akun GA saya dan saya mendapat 1 klik dari saya sendiri, namun earning menunjukkan $0, ini berarti google tidak mencatat earning yang dihasilkan oleh invalid klik. Akan tetapi ancaman sanksi banned google terhadap akun GA saya belum berakhir, oleh karena itu malam harinya saya terus berdoa dan saya sudah tidak terlalu berharap memiliki akun GA lagi karena klik iklan sendiri adalah sangat dilarang dan dijamin terbanned dalam 24 jam seperti akun teman-teman lain.

Keesokan harinya setelah lebih dari 24 jam saya mencoba login ke akun GA untuk memastikan barangkali akun saya masih aktif atau tidak dibanned. Ternyata saya masih bisa login ke akun GA dan saya mendapat beberapa earning dari klik yang syah. Kemudian besoknya lagi saya login ke akun GA lagi dan terus mendapat klik yang syah lagi, dan saya tidak mendapat surat apapun dari google tentang invalid klik yang pernah terjadi. Hingga saat ini sudah dua minggu akun GA tetap aktif namun tidak mendapat surat apapun dari google, Alhamdulillah ternyata akun GA saya tidak jadi dibanned.

Akun GA tidak dibanned ini karena saya segera melaporkan dengan cepat kepada google atas klik tidak sengaja yang telah saya lakukan, dan google sangat menghargai kejujuran. Hal ini sesuai dengan keterangan google ketika saya melaporkan klik tidak sengaja ini dimana google menjelaskan bahwa google akan membiarkan akun kita jika tidak ditemukan issue yang signifikan, dan laporan invalid klik dari saya sudah dicatat dan bisa dimaklumi karena hal itu saja bisa terjadi kepada semua publisher adsense manapun.

Bagi para sahabat publisher yang masih aktif, saya menyarankan bahwa kita harus memastikan bahwa akun GA kita tidak melanggar kebijakan program google adsense, agar jika sewaktu-waktu terjadi ketidak sengajaan klik seperti ini maka google akan tetap menghargai kita. Selain itu, jika terjadi invalid klik atau klik mencurigakan atau pun kita meng-klik iklan sendiri baik sengaja atau tidak sengaja segeralah melaporkan ke link dibawah ini secepatnya sebelum google menemukan sendiri kesalahan atau pelanggaran pada akun GA kita.

https://support.google.com/adsense/bin/request.py?hl=en&contact_type=invalid_clicks_contact&rd=1

Dalam bekerjasama dengan google adsense, kejujuran kita yang akan melindungi kita.
Happy bloging.........
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...