Menghitung Nikmat Allah Yang Sering Dilupakan Oleh Manusia

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 24.10.11

Allah SWT tidak pernah terlambat dalam memberikan kebutuhan atau nikmat yang diperlukan oleh manusia dalam setiap detik, akan tetapi manusia kebanyakan tidak merasa bahwa telah menerima pemberian dalam setiap detik dari Allah. Kebanyakan manusia hanya tahu bahwa pemberian Allah kepada manusia hanya kadang-kadang saja, misalnya ketika manusia mendapatkan pekerjaan yang sedang dia inginkan, mendapat hadiah kejutan berupa uang, mendapatkan usahanya laris secara mendadak, dan hal-hal lain yang dianggap sebagai kadang-kadang saja.

Biasanya contoh-contoh seperti diatas itu saja yang dianggap sebagai nikmat yang paling mudah diingat dan diketahui oleh manusia, sehingga mereka mengatakan telah mendapatkan nikmat atau pemberian dari Allah. Padahal, nikmat-nikmat di atas itu hanyalah sebagian kecil dari nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita. Sesungguhnya, nikmat Allah yang lain jauh lebih besar dari semua itu dan telah diberikan oleh Allah kepada kita dalam setiap detik atau setiap saat. Tetapi lagi-lagi manusia sering meremehkan pemberian Allah lainnya yang tidak terlihat, padahal banyak sekali pemberian Allah yang tidak terlihat namun lebih mahal harganya dan sangat kita butuhkan.

Sekarang marilah kita hitung beberapa nikmat atau pemberian Allah dalam kehidupan manusia sehari-hari dalam setiap detik yang jarang terlihat oleh manusia dan sering abaikan oleh kebanyakan manusia.

1. Kesudian
Allah sudi menciptakan kita. Bagaimana jika Allah tidak sudi menciptakan kita? Maka kita tidak akan bisa ada disini. Ini adalah nikmat Allah nomor satu yang harus kita akui, karena tanpa nikmat ini, maka nikmat Allah lainnya tidak akan bisa kita terima jika kita tidak ada atau tidak dibuat oleh Allah. Namun, kebanyakan manusia sering melupakan nikmat ini.

2. Detak Jantung
Allah tidak pernah lupa memberikan nikmatNya kepada jantung kita agar terus berdetak dalam tiap detik, tetapi manusia sering lupa atas pemberian ini. Tidak ada satupun makhluk seisi alam semesta yang mampu menghidupkan detak jantung manusia, kecuali hanya Allah. Bagaimana jika Allah lupa dalam satu detik saja dalam memberikan detak jantung kita? Maka kita semua akan tahu jawabannya, harta kekayaan serta jabatan kita dan seluruh aset dunia lain-lainnya tidak akan ada gunanya, karena kita akan segera dikubur. Ini bukti tentang nikmat Allah atas detak jantung manusia yang tidak bisa dibantah oleh dokter dari negara manapun.

3. Udara Gratis
Allah memberikan udara yang kita hisap ini secara gratis, tetapi manusia seringkali tidak melihat nikmat ini. Bagaimana jika Allah memungut biaya? Berapa uang yang harus kita siapkan? Kita semua tahu, pernafasan buatan yang dilakukan dirumah sakit dikenakan biaya yang tidak murah alias mahal, dan itupun rasanya tidak sesegar udara gratis ini. Coba anda jangan bernafas selama satu menit saja, maka anda akan tahu bahwa ternyata udara harganya mahal seperti kata rumah sakit.

4. Alat Pernafasan Otomatis
Allah memasang alat pernafasan otomatis pada tubuh kita agar kita tidak lupa untuk bernafas, tapi manusia kebanyakan tidak melihat nikmat ini. Bagaimana jika Allah tidak memasang alat pernafasan otomatis ini? Bisa-bisa banyak manusia yang ditemukan pingsan dimana-mana, karena lupa bernafas. Apalagi jika kita sedang tidur, siapa yang akan kita suruh memberi nafas kita jika Allah tidak memasang alat pernafasan otomatis yang maha canggih ini.

5. Menidurkan Manusia
Manusia tiap hari butuh tidur dalam 24 jam. Bagaimana jika Allah tidak mau menidurkan kita? Apakah anda mampu melek terus? Mungkin paling lama tiga hari kita akan dibawa rumah sakit dengan alasan terkena Insomnia tingkat berat jika Allah tidak mau menidurkan kita. Coba saja anda membuat percobaan melek terus selama tiga hari saja kalau bisa dan bagaimana rasanya. Allah sendiri tidak pernah tidur karena mengayomi kita secara terus menerus, tetapi manusia seringkali terlalu banyak tidur sampai-sampai lupa kewajibannya terhadap Allah.

6. Membangunkan Manusia
Allah membangunkan kita dari tidur. Bagaimana jika Allah tidak mau membangunkan kita dari tidur? Bisa-bisa kita akan segera dimandikan oleh tetangga dan kemudian dimasukkan kedalam lubang di dalam tanah, lantas di urug dan diberi batu nisan. Lagi-lagi  nikmat-nikmat Allah seperti ini sering dilupakan oleh manusia.

7. Allah Memasang Mata
Allah memasang dua buah mata pada manusia. Bagaimana jika Allah mengambil mata yang sedang kita gunakan ini? Subhanallah. Mata adalah nikmat Allah yang sangat mahal, akan tetapi sering dilupakan oleh manusia. Dalam suatu riwayat, ibadah yang tekun selama tujuh puluh tahun yang dilakukan oleh seorang Waliyullah tidak cukup untuk membayar nikmatnya satu biji mata.

8. Indra Penciuman
Allah memasang indra penciuman pada manusia agar mengenal berbagai macam bau, tetapi ini sering dilupakan oleh manusia. Indra penciuman ini melindungi manusia dari aneka macam bahaya, misalnya gas beracun, bau tanda-tanda kebakaran dan sebagainya. Bagaimana jika Allah tidak memasang indra penciuman pada tubuh manusia? Manusia tidak akan bisa membedakan tempat yang kotor dan tempat yang bersih, manusia tidak bisa membedakan bau makanan yang baik dan bau makanan yang basi.

9. Indra Perasa di Lidah
Allah memasang indra perasa di lidah manusia agar manusia bisa menikmati lezatnya makanan, tapi ini sering dilupakan oleh manusia. Bagaimana jika semua makanan terasa pahit? Bagaimana jika semua makanan terasa asam? Bagaimana jika semua makanan tidak memiliki rasa? Bisa-bisa banyak manusia yang terkena penyakit busung lapar karena mereka tidak doyan makan, sebab tidak bisa membedakan rasanya bubur ayam dengan rasanya bubur katul, karena rasanya sama.

10. Kesehatan
Kesehatan adalah harta dunia yang paling mahal yang diberikan oleh Allah, tetapi manusia sering melupakannya. Uang segudang, rumah mewah, mobil bagus, tetapi tidak boleh makan sate karena takut darah tingginya kumat. Tidak boleh minum susu karena takut kadar gulanya naik. Makan direstoran tidak terasa enak karena badan tidak sehat. Orang yang sehat makanan apapun akan terasa enak, orang yang tidak sehat makanan apapun akan terasa seperti racun.

Orang yang tidak sehat atau sedang sakit akan sanggup membayar berapapun biayanya agar bisa sembuh dan sehat seperti semula. Jika sudah begini, biasanya manusia akan sadar bahwa kesehatan adalah harta dunia yang paling mahal harganya.

Semua ini adalah sebagian saja dari sekian banyak nikmat Allah yang tidak terlihat dan telah diberikan kepada manusia dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilupakan oleh manusia, dan kebanyakan manusia mengingat nikmat Allah hanya dengan hitungan jari saja. Padahal, nikmat Allah yang diberikan kepada manusia dalam setiap harinya tidak akan cukup untuk ditulis dengan bilangan yang diketahui oleh manusia, melainkan hanya mampu dicatat dengan bilangan yang diketahui oleh Allah, karena saking banyaknya.

ALLAHU AKBAR
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...