Menelusuri Pesona Alam Halmahera Barat

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 28.10.11

Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menyimpan keindahan alam yang menganggumkan. Salah satunya ke Maluku tepatnya Jailolo yang terletak di Halmahera Barat. Selain eksotisme alam, kebudayaan tradisional penduduk setempat juga memiliki daya tarik tersendiri.

Halmahera Barat dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat selama satu jam dari Kota Ternate. Perjalanan yang lama dijamin tak membuat bosan. Pasalnya sejauh mata memandang terlihat untaian pulau-pulau kecil yang lebat dipenuhi bakau. Selain itu, terumbu karang dapat terlihat dari permukaan.

Berlayar dengan perahu nelayan atau snorkeling adalah pilihan wisata yang menyenangkan. Gugusan tebing menjulang berselimut hijau pepohonan. Orisinalitas alam Halmahera Barat yang belum terjamah dan biarkan pesonanya menyulap mata. Keindahan alam bawah lautnya juga masih belum tersentuh.

Beragam jenis terumbu karang dan puluhan spesies ikan tinggal di bawah laut Halmahera Barat. Ada ikan nemo yang bersembunyi di rumahnya yang unik. Ada ikan lion fish dan juga belut laut. Perlu pengelolaan lebih maksimal lagi sehingga keindahan alam bawah laut Halmahera Barat lebih menarik.

Wisata daerah ini tidak hanya sekadar objek bahari yang menawan. Selain perairan yang mempesona, Halmahera Barat mempunyai daya tarik tersendiri salah satunya festival seni dan budaya yang merupakan kebanggaan mereka yaitu Festival Teluk Jailolo. Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun.

Salah satu acara yang selalu ditunggu-tunggu adalah kabaret on the sea. Acara ini adalah pertunjukan kolosal dengan mengusung cerita yang sarat pedoman hidup. Harmonisasi warna warni alam yang elok diiringi aksi musikal yang menawan. Konsep kostum yang tak biasa dan panggung besar mengapung di atas laut.

Ternate yang dikelilingi gunung dan lautan menjadikannya begitu eksotis. Selain alam, budaya lokal juga terjaga. Warga bangga akan kebudayaan mereka termasuk kuliner tradisional. Salah satu kuliner khas adalah ikan bakar kuah soru dan popeda. Popeda terbuat dari campuran sagu yang sangat liat.

Permainan tradisional di Ternate salah satunya bambu gila. Bambu yang dijadikan alat seakan memiliki keinginan sendiri dan tidak dapat dikendalikan. Beberapa pemuda yang memegang bambu dibuat terpontang-panting dan bermandikan keringat. Unsur magis sangat kuat dalam permainan bambu gila.

Sementara itu untuk berkeliling Ternate cukup dengan naik angkutan kota. Berbeda dengan di Jakarta, angkot di Ternate begitu memanjakan penumpang karena terawat dengan baik dan full musik. Nah jika Anda penasaran menelusurinya, maka jangan lewatkan liburan tahun ini berkunjung ke Halmahera Barat.

Sumber: http://gayahidup.liputan6.com/read/342058/menelusuri-pesona-halmahera-barat
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...