Makanan Yang Berkhasiat Mencegah Kanker Payudara

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 2.10.11

Kanker payudara termasuk penyakit yang paling ditakuti wanita. Padahal, untuk mengurangi risikonya, kita cukup mengubah pola hidup kita. Memilih jenis makanan dan minuman, serta rajin berolahraga adalah hal yang terpenting. Di bawah ini adalah saran dari Brierley Wright, MS, RD, editor tamu di EatingWell.com yang juga master di bidang Nutrition Communication dari Friedman School of Nutrition Science and Policy, Tufts University, mengenai pola makan yang dapat kita ikuti.

1. Hindari menambah berat badan
Boleh dibilang, inilah salah satu cara paling penting untuk mengurangi risiko kanker payudara. Hal ini disampaikan di sebuah artikel dalam jurnal Cancer. Dengan demikian, Anda harus menyeimbangkan pola makan yang sehat dengan cukup olahraga. Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 100.000 wanita melaporkan bahwa mereka yang melakukan olahraga secara rutin menurunkan risiko kanker payudara daripada yang tidak melakukannya. Olahraga membantu menurunkan kadar hormon-hormon yang menyebabkan kanker payudara. Segera jadikan olahraga sebagai prioritas Anda.

2. Makanan berlemak, secukupnya saja
Women’s Intervention Nutrition Study (WINS), yang mengadakan penelitian mengenai wanita pasca menopause yang menghadapi kanker payudara stadium awal, menemukan bahwa wanita yang menjalani diet rendah lemak secara signifikan berhasil mengurangi risiko kanker muncul kembali. Rata-rata mereka juga kehilangan sekitar 2,1 kg setelah menjalani tahun pertama percobaan, sedangkan wanita yang berada di kelompok lain justru bertambah berat 226 gr.  Penambahan berat badan dikaitkan dengan perulangan kanker payudara dan angka pertahanan yang lebih rendah, sehingga kurangnya berat badan akibat pola makan rendah lemak tentu menjadi keuntungan utama.

3. Makanlah kedelai
Di negara-negara seperti China dan Jepang dimana makanan yang mengandung kedelai umum dikonsumsi, angka penderita kanker payudara termasuk yang paling rendah di dunia. Suatu analisa dari 18 studi mendapati bahwa mengonsumsi kedelai, seperti tahu dan kacang kedelai, sedikit mengurangi risiko kanker payudara. Namun Laurence Kolonel, MD, PhD, direktur program epidemiologi di Cancer Research Center of Hawaii, tidak menyarankan asupan kedelai melalui suplemen. Phytoestrogen dosis tinggi yang ditemukan dalam suplemen dapat bertindak seperti estrogen di dalam tubuh, menyebabkan sel-sel payudara berubah dan berpotensi menyebabkan kanker. Orang yang sembuh dari kanker payudara, dan wanita yang berisiko terhadap penyakit ini disarankan menghindari suplemen kedelai.

4. Sayuran dan buah-buahan
Riset yang menetapkan apakah buah-buahan dan sayuran dapat memerangi kanker payudara telah mengecewakan, namun pola makan yang kaya buah-buahan dan sayuran cenderung rendah dalam kalori, demikian pendapat Kolonel. “Pola makan ini dapat membantu Anda memelihara berat badan sehat." Cheryl Rock, PhD, RD, yang mengkoordinasi Women’s Healthy Eating and Living Study (WHEL) di University of California, San Diego, mendapati bahwa wanita yang mengonsumsi sedikitnya lima porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari (dan jalan cepat 30 menit setiap hari) menurunkan risiko meninggal karena kanker payudara hingga separuhnya. "Jika wanita tidak mampu menurunkan berat badan, namun makan cukup banyak sayuran dan buah-buahan serta berolahraga, masih dapat menurunkan risiko pengulangan kanker payudara," katanya.

5. Minum alkohol secukupnya saja
Minum alkohol dalam jumlah secukupnya mungkin memang sehat untuk jantung, namun, “Minum (alkohol) sekali sehari saja bisa meningkatkan risiko kanker payudara," ujar Kolonel. Fakta lain menunjukkan, penyakit jantung lebih banyak membunuh wanita daripada kanker payudara. Pertimbangkan kembali keputusan Anda untuk minum minuman beralkohol jika Anda memiliki faktor risiko lain kanker payudara. Batasi sekali minum saja sehari; lebih dari itu pun tak akan memberikan manfaat kesehatan jantung. Bahkan jika Anda memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker payudara, sebaiknya Anda menghindari alkohol sama sekali.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2009/09/30/15482063/Makanan.Pencegah.Kanker.Payudara
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...