Sepuluh Jenis Makanan Sampah Menurut WHO

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 23.9.11


WHO mengidentidfikasikan setidaknya 10 jenis makanan yang dikategorikan sebagai makanan sampah (junk food). Dikatakan makanan sampah karena telah mengalami penyusutan kandungan gizi dan vitamin, mengandung bahan karsinogen (zat penyebab kanker), atau terlalu banyak mengandung lemak jenuh yang amat berbahaya bagi jantung dan pembuluh darah. Berikut jenis-jenis makanan sampah versi WHO;

1. Gorengan
Golongan makanan ini mengandung kalorinya dan lemak/minyak tinggi. Konsumsi gorengan secara reguler dapat menyebabkan kegemukan, hyperlipitdema, dan jantung korener. Gorengan juga kaya akan zat karsiogenik, zat yang memicu kanker.

2. Kalengan
Baik yang berupa buah kalengan atau daging kalengan. Dalam makanan kalengan, kandungan gizinya sudah dirusak, bahkan hampir seluruh kandungan vitaminnya dirusak.

Kandungan proteinnya pun telah mengalami perubahan sifat sehingga nilai gizinya jauh berkurang. Selain itu, buah kalengan berkadar gula tinggi dalam waktu singkat dapat meningkatkan kadar gula darah dan beban pankreas, dan menyebabkan obesitas.

3. Asinan
Dalam proses pengasinan, garam ditambah secara signifikan yang dapat menambah beban ginjal dan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Asinan juga mengandung amonium nitrit yang meningkatkan bahaya kanker hidung dan tenggorokan. Kadar garam tinggi pun dapat merusak selaput lendir lambung dan usus.

4. Daging yang Diproses (Ham, sosis, dll)
Golongan makanan tersebut mengandung garam nitrit penyebab kanker, juga mengandung pengawet/pewarna yang meingkatkan beban hati/hepar.

Daging yang diproses juga tinggi akan kandungan Kadar natriumnya tinngi, mengkonsumsi dalam jumlah besar dapat mengguncangkan tekanan darah dan memberatkan kerja ginjal.

5. Daging Berlemak dan Jeroan
Walaupun makanan ini mengandung protein, vitamin dan mineral, tapi daging berlemak dan jeroan mengandung lemak jenuh dan kolestrol penyebab penyakit jantung. Makan jeroan binatang dalam jumlah banyak dan waktu lama, menyebabkan pernyakit jantung koroner, tumor ganas, dan aneka jenis kanker.

6. Keju Olahan
Sering mengonsumsi keju olahan dapat menyebabkan penambahan berat badan dan gula darah. Terlalu banyak mengonsumsi kue keju menyebabkan nafsu makan turun.

7. Mie Instant
Mi mengandung kadar garam tinggi namun miskin vitamin dan mineral. Kadar garam tinggi menyebabkan peningkatan beban ginjal, tekanan darah dan mengandung lemak trans yang dapat memperberat kerja pembuluh darah jantung.

8. Makanan yang dipanggang/dibakar
Mengandung zat penyebab kanker.

9. Sajian beku dan manis
Termasuk golongan ini adalah es krim, kue beku, dan lain-lain. Sajian ini mengandung kadar mentega yang tinggi dan menyebabkan obesitas karena kadar gula tinggi mengurangi nafsu makan sehingga mempengaruhi usus.

10. Manisan Kering
Mengandung garam nitrat yang jika bergabung dengan ammonium dalam tubuh, akan menghasilkan zat karsiogenik. Manisan kering juga mengandung esen yang merusak hati dan organ lain. Selain itu, makanan kering juga mengandung kadar garam tinggi yang menyebabkan tingginya tekanan darah dan beratnya kerja ginjal.

Sumber: http://matanews.com/2010/04/02/10-jenis-makanan-sampah/
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...