Sepuluh Jenis Hantu Paling Terkenal di Jawa

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 30.8.11

Di daerah Pulau Jawa sebenarnya Tuhan menciptakan banyak sekali macam-macam hantu yang dipercayai keberadaannya oleh masyarakat, dan tiap-tiap daerah memiliki sebutan sendiri-sendiri. Berikut ini adalah sepuluh jenis hantu paling terkenal di Jawa yang secara umum di percaya sering mengadakan kontak atau pertemuan dengan warga.

1. Jerangkong

Jerangkong adalah jenis hantu yang di percaya sering mencuri telur ayam penduduk, bentuknya seperti kerangka manusia, dan beraksi di malam hari. Telur yang dimakan jerangkong itu tidak pecah, kecuali hanya isinya yang kosong, dan yang tersisa hanya kulitnya saja. Pagi harinya pulang ke kuburan melalui sebuah lubang kecil yang terdapat salah satu di kuburan. Jerangkoh dipercaya berasal dari arwah manusia yang selama hidupnya suka mencuri. Konon menurut warga jerangkong bisa ditangkap, yaitu dengan cara memasang batok kelapa utuh yang di beri satu lobang, kemudian ditempatkan di kuburan dimana jerangkong itu keluar masuk, dan si jerangkong tidak tahu bahwa dia telah masuk ke dalam tempurung kelapa..

2. Gondoruwo

Gondoruwo atau lazim disebut gendruwo, adalah hantu laki-laki yang berbentuk manusia setengah gorila. Gondoruwo dipercaya berasal dari arwah manusia yang selama hidupnya sering berbuat aniaya dan suka memeras, serta perbuatan curang lainnya seperti korupsi. Pekerjaannya sering usil kepada manusia, terutama kaum perempuan yang ditinggal pergi suaminya dengan cara menjelma sebagai suaminya agar bisa tidur bersama. Terkadang mengencingi orang yang sedang lewat dari atas pohon. Selain itu, gondoruwo dipercaya sering menggondol atau menculik anak-anak yang sedang marah atau gelisah dipetang hari. Cara menemukan anak yang diculik gondoruwo yaitu dengan cara berkeliling dengan para warga sambil memukul alat-alat memasak seperti wajan, panci, baskom, dan sebagainya.

3. Wewe Gombel

Wewe gommbel adalah gondoruwo perempuan, yang juga suka menculik anak-anak yang sedang gelisah pada petang hari. Konon menurut kepercayaan warga, anak yang diculik wewe gombel tidak bisa berteriak minta tolong karena digendong dan mulutnya akan tertutup oleh payudara wewe gombel. Cara menemukan anak yang sedang diculik wewe gombel sama seperti cara menangkap anak yang diculik oleh gondoruwo. Anak yang pernah diculik wewe gombel atau gondoruwo biasanya akan mengalami gangguan mental atau linglung, jika tidak segera mendapatkan penanganan khusus dari orang pintar.

4. Pocong atau Medon

Pocong atau juga biasa disebut medon adalah hantu yang terbungkus kain kafan seperti orang mati dan mengeluarkan bau yang sangat harum seperti minyak wangi yang dipakai orang mati. Hantu pocong dipercaya biasanya menampakkan diri pada malam jum'at atau malam lainnya jika ada orang yang baru saja meninggal dunia, tujuannya untuk menakut-nakuti orang.

5. Kuntilanak

Kuntilanak adalah hantu wanita yang dipercaya berasal dari wanita yang meninggal saat sedang mengandung atau hamil yang mana tidak sempurna saat meninggal atupun saat prosesi pemakaman. Konon suatu saat kuntilanak ini akan berteriak minta tolong kepada orang yang di maksud untuk membantu proses melahirkan. Menurut beberapa cerita penduduk yang mempercayainya, kuntilanak akan memberikan imbalan uang atau sebuah barang kepada orang yang telah menolongnya.

6. Sundel Bolong

Sundel bolong adalah hantu wanita yang kelihatan sangat cantik dan berbau harum menawan jika dilihat dari depan, tetapi jika dilihat dari belakang, akan mengeluarkan bau bangkai karena di punggungnya berlubang dan busuk. Konon sundel bolong akan berbuat baik kepada orang yang baik, dan akan berbuat jahat kepada orang yang jahat, tapi jahatnya hanya sebatas menakut-nakuti saja.

7. Banaspati atau Kemamang

Banaspati adalah hantu yang berambut api di kepala, terkadang juga menampakkan api di sekujur tubuhnya. Dipercaya sering menggangu ternak penduduk dengan menghisap darahnya. Banaspati dipercaya bisa merubah wujudnya menjadi apa saja saat sedang menghisap darah korbannya, biasanya merubah wujud sebagai monster anjing saat menggigit ternak. Ternak yang digigit akan mati dengan pucat dan hanya ada luka dua taring bekas gigitan dan tidak ada bekas darah.

8. Tuyul

Tuyul juga bisa dibilang sebagai hantu kecil yang paling kreatif, karena berwujud anak kecil dan spesialis mencuri uang penduduk. Menurut kepercayaan warga, tuyul punya majikan dan akan tunduk kepada majikannya jika diperintah untuk mencuri uang.Namun, konon tuyul akan menghisap darah sang majikan secara perlahan ketika sedang minta menetek kepada majikannya. Jika si tuyul tertangkap warga saat mencuri uang, dia akan menceritakan bahwa dia telah diperintah oleh majikannya untuk mencuri uang.

9. Peri

Peri adalah siluman putri yang cantik jelita dan sangat menawan yang tinggal di kali atau sungai, siluman penunggu kali. Peri dipercayai sering jatuh cinta kepada laki-laki yang sedang mandi di sungai. Jika sang peri telah jatuh cinta, maka dia akan menemui laki-laki yang dicintai dalam wujud wanita cantik agar mau menikahinya. Jika laki-laki itu menolak, sang peri tidak akan memaksa, tetapi jika laki-laki itu bersedia, konon sang peri akan memenuhi segala permintaan apa saja dari laki-laki itu. Akan tetapi jika laki-laki itu sudah meninggal nantinya, maka dia akan dibawa ke alam peri dan menjadi warga disana, bukannya berpulang ke tempat yang semestinya.

10. Demit

Demit adalah makhluk halus yang tinggal di suatu kawasan yang oleh manusia dianggap angker, penunggu tempat angker. Demit jarang menampakkan diri, tetapi dia dipercaya bisa menampakkan diri kapan saja dan dalam wujud apa saja, baik siang ataupun malam hari. Demit lebih cenderung menganggu kepada orang yang memasuki wilayahnya dengan tidak sopan atau tanpa permisi. Demit biasanya dimanfaatkan oleh sebagian manusia untuk bersekutu dalam hal-hal kemaksiatan, misalnya pesugihan atau menembus nomor togel dan perjudian lainnya.

Sumber gambar:  facebook
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...