Lima Patung Tertinggi di Indonesia

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 20.8.11

Indonesia kaya akan bangunan monumen yang megah dan menakjubkan, diantaranya adalah lima patung tertinggi di Indonesia yang dikutip oleh penulis dari beberapa sumber berikut ini,.

1. Garuda Wisnu Kencana



Garuda Wisnu Kencana merupakan patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai garuda. Patung ini nantinya setelah selesai akan menjadi patung terbesar dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan akan mengalahkan patung liberty.

2. Monumen Jalesveva Jayamahe



Monumen Jalesveva Jayamahe yang terletak di ujung Utara Surabaya merupakan patung dengan sosok Perwira TNI Angkatan Laut. Kata Jalesveva Jayamahe itu sendiri merupakan semboyan dari TNI-AL yang memilki arti di laut kita jaya. Ketinggian keseluruhan monumen ini mencapai 60,6 m.

3. Patung Yesus Memberkati



Patung Yesus Memberkati merupakan patung Yesus tertinggi di kawasan Asia sampai Eropa dan kedua tertinggi di dunia setelah "Christ the Redeemer Statue" (Patung Kristus Penebus di Brazil). Patung ini memiliki tinggi 30 meter dan 20 meter untuk penopang. Patung ini terletak di kota Menado, Sulawesi Utara.

4. Patung Tugu Pancoran



Sebenarnya patung ini bernama Patung Dirgantara yang menggambarkan manusia angkasa, yang berarti menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa. Tapi karena letaknya di tengah kota Pancoran, maka patung ini lazim disebut patung tugu Pancoran. Tinggi patung 11 meter, sementara tinggi voetstuk (kaki patung) 27 meter. Patung ini terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.

5. Patung Dewi Kwan Im



Patung Dewi Kwan Im ini merupakan Patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia dengan tinggi 22,8 meter. Patung ini terletak di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

6. Patung Kristus Raja

Sebenarnya ada satu lagi patung tertinggi yang dibangun oleh pemerintah Indonesia, tapi sayangnya patung yang satu ini sudah masuk ke dalam wilayah negara lain, yaitu patung Kristus Raja di Timor Leste.


'Kristus Raja' adalah patung Kristus yang dibangun di atas bukit tanjung Fatucama, bagian timur kota Dili, Timor Leste. Patung ini dibangun pada bulan oktober 1996 pada masa pemerintahan presiden Soeharto sebagai peringatan integrasi Timor Timur ke Indonesia. Ketinggian patung tersebut adalah 27 meter dan angka 27 tersebut melambangkan Timor Timur sebagai provinsi ke 27 Indonesia saat itu. bukit patung tersebut diperkirakan memiliki tinggi menghampiri 1,5 km. Patung ini merupakan patung Kristus Raja terbesar nomor II yang terletak di Timor Leste setelah yang di Brasil dengan tinggi patung 36 meter.

Daerah ini merupakan area yang kudus bagi masyarakat sana untuk melakukan persembahan doa demi keselamatan. Namun kini meski dijadikan sebagai tempat kudus, tempat tersebut juga dijadikan sebagai obyek wisata. Area ini sangat bagus dan sejuk akan menikmati hamparan angin laut dari arah utara.

Daerah ini sering dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Daerah ini juga dikatakan sebagai daerah yang strategis karena menghubungkan sebuah obyek wisata yang dinamakan kawasan pasir putih dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya. 

Di sebelah utara patung ini yang merupakan laut batu karang yang eksotis dan sering dijadikan sebagai tempat memancing ikan oleh penulis (Yudi Yunior) beserta para wisatawan pada malam hari pada tahun 1996-1997 ketika masih menjadi wilayah Republik Indonesia.

Sumber: http://blognyajose.blogspot.com/2009/08/patung-patung-tertinggi-di-indonesia.html 
             http://id.wikipedia.org/wiki/Kristus_Raja
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...