Menakjubkan, Menangkap Rusa Liar Dengan Tangan Kosong

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 30.9.12

Berikut ini kita lihat cara-cara berburu masyarakat tradisional di Papua yang saya muat dalam bentuk teks dan gambar setelah saya kutip dari video perjalanan Trans7 ketika meliput perburuan Rusa yang dilaksanakan oleh masyarakat tradisional di Papua.

Sungai Bian adalah sungai dengan nuansa rawa-rawa yang tenang dan asri yang terletak pada jarak 200 km di utara Merauke, Propinsi papua. Di sana hidup berbagai jenis satwa liar yang bisa diburu oleh warga dengan cara tradisional. Tidak sedikit warga setempat yang menggantungkan hidupnya dari berburu.


Rusa adalah binatang mamalia yang biasanya hidup di daerah padang rumput dan semak belukar yang tidak jauh dari air. Hewan ini memiliki keunikan dalam mempertahankan diri dari kejaran predator atau pemangsa. Rusa akan memilih masuk ke air untuk berlindung dari ancaman pemburu.

Namun, hal ini dimanfaatkan oleh warga tradisional untuk menangkap rusa menggunakan tangan dengan cara yang tidak terlalu sulit. Bagaimana cara masyarakat setempat untuk menangkap rusa dengan tangan? Marilah kita lihat cara-cara mereka yang terampil dan tangguh dalam berburu hanya dengan menggunakan peralatan sangat sederhana.

Persiapan 
Mereka beranggotakan 10 orang yang membentuk sebuah team. Team pemburu handal ini dilengkapi dengan peralatan 3 buah perahu, panah, tombak, parang, serta 11 ekor anjing penyerang yang terlatih. Mereka menentukan saat paling tepat dalam beraksi, yaitu pada sore hari dimana rusa mulai jinak.

Peralatan berburu disiapkan

 Rencana disusun

Berangkat Berburu
Setelah semuanya siap, perburuan dimulai. Mereka berangkat pada jam 3 sore.

Team hunter memulai berangkat

Menyusuri sungai rawa-rawa yang sangat luas 

Tiba di Lokasi
Sungai Bian sangat hening dan sunyi serta menyimpan banyak misteri. Hutan di  sekitarnya terdapat banyak satwa liar yang tidak sadar bahwa dirinya sedang diintai. Mesin perahu dimatikan. Kesunyian ini harus di jaga oleh team pemburu agar buruan tidak lari duluan.


Membagi Tugas 
Sesampai di medan team dipecah mennjadi 4 bagian, 1 team darat dan 3 team air. Selanjutnya mereka membagi tugas. Team darat memimpin anjing di darat untuk mengusir rusa agar keluar dari sarang dan pergi menuju ke air. Team air bertugas menghadang buruan di atas rawa.

Team darat melakukan pendaratan

Mengintai mangsa

Anjing penyerang mencium bau mangsa 

Melakukan Pengusiran
Mangsa tercium dan penggerebekan dimulai. Team darat dilengkapi puluhan anjing terlatih mengusir rusa agar menuju ke air.

Pemburu terlatih bergerak cepat

Tugas team darat berjalan sukses, rusa terdesak dan masuk ke air

Senjata siap ditangan

Menghadang Buruan
Dengan sigap 3 team air menghadang mangsa di atas rawa. Rusa dikepung dari tiga arah.

Team air 1 menggiring mangsa

Team air 2 mencegat rusa agar tidak menyeberang ke darat

Rusa bingung dan hanya berenang ditengah air

Team air 3 siap menerkam mangsa

Rusa ditangkap dengan kedua tangan kosong

Perburuan sukses. Team pemburu handal yang terlatih ini harus cepat-cepat menangkap buruan lainnya yang menunggu di atas air sebelum rusa menyeberang ke darat. Benar-benar menakjubkan.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...