Memancing Ikan Menuntut Kesabaran

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 20.9.12

Memancing ikan adalah menangkap ikan di dalam air dengan menggunakan alat kail, yaitu besi kecil yang runcing berbentuk pancing yang ditarik tali senar dan diberi umpan atau makanan. Jika ada ikan yang memakan umpan tersebut maka ikannya akan tersangkut dipancing, lalu tali senarnya ditarik untuk mengambil ikannya.

Memancing bisa dilakukan di laut, sungai, kali, danau, kolam ikan, dan tempat-tempat berair yang diduga ada ikannya. Tapi saat ini sangat mudah dijumpai tempat-tempat yang menyediakan sarana memancing dengan membayar ongkos tertentu agar bisa ikut memancing.

Ini adalah salah satu cara menangkap ikan yang paling digemari oleh banyak kalangan. Memancing termasuk olahraga yang populer, mulai dari presiden hingga rakyat bawah banyak yang suka memancing. Bahkan seringkali diadakan lomba memancing yang dihadiri para penghobi mulai dari golongan atas sampai tingkat bawah.

Namun pekerjaan memancing ini sangat memerlukan kesabaran karena harus mau berlama-lama menunggu ikan yang mau makan umpan. Padahal menunggu adalah suatu pekerjaan yang menjemukan, namun dalam memancing hal ini tidak berlaku. Jika mereka tidak sabar pasti akan langsung mencebur ke air untuk menangkap ikan dengan tangan saja, hahaha..

Memancing merupakan metode menangkap ikan dengan cara menipu ikan. Ikan tersebut tidak tahu bahwa makanan yang dia santap bisa berakibat celaka pada dirinya. Namun karena hewan tidak memiliki akal fikiran maka tetap saja mereka mudah ditipu.

Pada saat ini banyak sekali umpan buatan atau umpan palsu yang bisa dibeli di toko-toko olahraga memancing. Misalnya ada umpan berbentuk ikan mainan yang terbuat dari plastik. Ikan mainan ini jika disangkutkan pada mata kail dan kemudian dilempar ke laut pasti akan ada ikan yang memakannya. Ikan tersebut telah tertipu oleh mainan yang dikiranya adalah mangsa.

Banyak sekali orang berminggu-minggu menginap di laut hanya untuk memancing. Mereka pergi ke laut dengan dilengkapi perahu motor serta perbekalan lainya untuk memancing ikan teri hingga ikan hiu, bahkan ikan paus. Selain itu mereka membawa kamera dalam air untuk memantau gerak-gerik ikan yang sedang di incar. Hasilnya, tidak sedikit ikan-ikan raksasa yang berhasil ditangkap.

Memancing adalah cara menangkap ikan berbekal kesabaran karena mau tidak mau harus menunggu ikan-ikan yang lapar. Jika tidak lapar maka ikan-ikan tersebut tidak mau memakan umpan. Oleh karena itu biasanya para pemancing memilih pada jam-jam tertentu untuk memulai aksinya dimana ikan-ikan mulai lapar sehingga mau memakan umpannya.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...