Belajar Dari Pengalaman

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 29.8.12

Pengalaman adalah guru yang terbaik, semakin banyak anda memiliki pengalaman maka semakin banyak pula anda memilliki ilmu. Secara mental pengalaman dibagi 2 macam, yaitu pengalaman baik dan pengalaman buruk. Kedua pengalaman tersebut sangat bermanfaat dalam memperoleh kesempurnaan dalam hidup kita.

Pengalaman baik adalah pengalaman yang menyenangkan, atau biasa disebut pengalaman manis. Pengalaman ini berguna untuk menambah semangat, wawasan, percaya diri, kebahagiaan batin dan sebagainya. Dengan memiliki pengalaman yang menyenangkan akan membuat semangat hidup kita bertambah dan menambah spirit untuk hidup lebih maju.

Pengalaman buruk adalah pengalaman yang tidak menyenangkan, atau biasa disebut pengalaman pahit. Pengalaman ini sangat bermanfaat untuk bekal hidup agar lebih berhati-hati dalam mengambil segala tindakan di masa mendatang. Tanpa memiliki pengalaman buruk seseorang akan menjadi ceroboh, sehingga akan mudah jatuh dalam menjalankan usaha apapun.

Selain itu, tanpa pengalaman buruk seseorang tidak dapat merasakan nikmatnya sukses, bahkan akan merasakan bahwa dirinya tidak pernah sukses dan merasa selalu sial dalam menjalani hidup. Padahal sesungguhnya dia telah berada pada jalan yang menuju sukses.

Dengan belajar dari pengalaman baik serta pengalaman buruk, maka seseorang akan bisa dengan mudah membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga senantiasa akan selalu tepat dalam menentukan setiap langkah atau pilihan dalam menjalani hidup.

Dan yang lebih penting lagi seseorang yang kaya akan pengalaman manis maupun pengalaman pahit tidak akan mudah putus asa dalam mengarungi kerasnya hidup di dunia ini.
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...