Cara agar tangan tidak keriting menulis artikel blog

Diposkan oleh @Warkop Aremania on 8.7.12

Pekerjaan update artikel memang berat karena harus rutin jika trafik blog anda tidak ingin jatuh. Dan menulis artikel adalah pekerjaan tetap yang tidak akan pernah selesai selama anda masih mengelola blog. Belum lagi mencari ide apa lagi yang mau kita posting hari ini. Terkadang kita bingung akhirnya cuma utak atik blog saja sehingga tidak jadi update.

Namun bagi pengguna wordpress sebenarnya ada cara mudah agar tangan anda tidak keriting karena terlalu banyak menulis artikel. Blogspot juga bisa ikutan tidak keriting jika mau caranya. Yaitu dengan cara kolaborasi seperti yang dilakukan oleh mayoritas website besar.

Salah satunya adalah kompasiana, dimana kompasiana yang menulis adalah para pembacanya sendiri atau pengguna internet. Andapun bisa melakukan seperti itu jika mau, namun anda harus menyiapkan aturan-aturan penggunaan (Term of use) bagi para pengguna yang ingin berpartisipasi menulis artikel di blog anda.

Bagi pengguna wordpress bisa membuat menu register kepada para pembaca untuk membuat posting di blog anda. Dengan demikian yang keriting adalah tangan pengguna, bukan tangan anda :). Para member akan bertambah secara bertahap, dan semakin banyak member maka blog anda akan semakin kaya konten.

Bagi para pengguna blogger bisa mengundang penulis melalui opsi izin yang ada di dashboar blogger. Namun untuk blogspot ini anda harus memilih orang-orang yang anda percayai saja. Karena jangan sampai setelah blog menjadi ramai ternyata anda diremove dari admin oleh seorang member yang pernah anda undang.

Akan tetapi bagi pengguna wordpress lebih aman karena member tidak bisa meremove admin aslinya. Dan anda tinggal memeriksa saja setiap posting yang dipublish oleh para member agar tidak melanggar peraturan yang telah anda tetapkan.

Maka dengan cara ini anda akan berhenti menulis dan berubah status menjadi Editor sekaligus pemilik blog saja karena yang menulis artikel adalah para pengguna atau pembaca blog anda sendiri. Dan tidak lama lagi trafik akan mulai berdatangan.

Contohnya adalah WikiHow, sebuah website di Amerika. Jack Herrick sang pemilik WikiHow tidak pernah update sama sekali, kecuali hanya menjadi pemilik dan Editor saja yang kerjanya hanya memeriksa artikel tulisan para pembaca blognya.

Tanpa menulis artikel di blognya sendiri, Jack Herrick bisa mendapatkan trafik 16 juta visitor perbulan dari blognya dan menempatkan WikiHow ke dalam 100 website dengan trafiik kunjungan tertinggi di dunia. Dan yang lebih membuat ngiler, WikiHow dipasangi iklan google adsense.

Jika dihitung dari trafik yang dimiliki, Wikihow mampu menghasilkan 4 juta USD perbulan dari google adsense, jika dirupiahkan sekitar 40 milyar rupiah perbulan. Wow, benar-benar ngiler, ngiler dan ngiler...:). Bisakah anda menirukannya?
________________________________________________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...